Gubernur Ansar serukan warga beli produk dalam negeri

id Gubernur, Kepri,serukan,warga,beli produk dalam negeri

Gubernur Ansar serukan warga beli produk dalam negeri

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad.ANTARA/Nikolas Panama (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyerukan warga untuk membeli produk dalam negeri untuk meningkatkan perekonomian domestik.

"Banyak produk dalam negeri yang berkualitas, dengan harga yang jauh lebih murah dibanding produk impor. Produk dalam negeri juga banyak diekspor," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, Kamis.

Ia mengatakan tantangan terbesar di provinsi perbatasan, seperti Kepri dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian melalui pembelian produk lokal adalah melawan godaan terhadap produk impor yang dijual di pasar. Citra yang terbangun terhadap produk asing selama ini cukup positif, padahal produk dalam negeri juga berkualitas.

Konsumen tidak akan rugi membeli produk di dalam negeri terutama yang berasal dari pelaku usaha mikro kecil menengah Kepri. Pembelian makanan, pakaian dan kerajinan tangan yang berasal dari Kepri akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Usaha mikro kecil menengah meningkat, tenaga kerja sejahtera, dan perekonomian cepat pulih," ujarnya.

Ansar mengaku bangga menggunakan produk dalam negeri. Harga produk dalam negeri relatif murah dengan kualitas yang baik.

"Saya juga suka mengonsumsi produk makanan lokal, hampir setiap hari. Ini lebih sehat," ucapnya.

Menurut dia, mencintai produk dalam negeri sama seperti menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, akan memperlihatkan rasa cinta terhadap Indonesia, sekaligus menjaga nama baik bangsa.

Cinta terhadap produk dalam negeri juga meningkatkan pendapatan negara. Penjualan produk Indonesia ke luar negeri akan meningkatkan pendapatan Indonesia. Pembayaran yang kita dapatkan dalam bentuk dolar, secara otomatis akan ditukarkan ke mata uang negara, yang menjadi cadangan manfaat devisa negara Indonesia.

Jika perusahaan nasional berkembang dan maju, maka akan memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita dapat menjadi pahlawan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional dengan cara yang mudah. Beli produk dalam negeri, dan ceritakan hal-hal baik soal produk Indonesia kepada wisman. Ini akan meningkatkan kualitas produksi," ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Kepri Darwis Sitorus mengatakan perekonomian Kepri triwulan II tahun 2022 yang diukur berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp75,83 triliun, dan atas dasar harga konstan mencapai Rp46,80 triliun.

"Ekonomi Kepru pada triwulan II tahun 2022 tumbuh sebesar 5,01 persen," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE