Ribuan hektare lahan perkebunan di Bengkalis Riau amblas

id Lahan amblas, kabupaten bengkalis,Bengkalis, lahan amblas di Bengkalis,riau, selat malaka, pt meskom agro sarimas,desa simpan ayam

Ribuan hektare lahan perkebunan di Bengkalis Riau amblas

Danramil 01 Bengkalis Kapten (Cpl) Farimus Hendriko bersama anggota meninjau lokasi lahan perkebunan terdampak abrasi yang amblas, di Desa SImpang ayam Kecamatan Bengkalis. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Ribuan hektare lahan perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi di Desa Simpang Ayam, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, amblas akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Luas lahan yang amblas sudah mencapai ribuan hektare, lahan tersebut terdiri dari perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi dan merupakan lahan gambut dengan ketebalan mencapai empat meter," kata Kepala Desa Simpan Ayam Mujiono, Ahad.

Kades mengatakan lokasi lahan amblas kini mencapai ke jalan desa yang digunakan masyarakat sehari-hari.  Kejadian ini sudah lama berlangsung serta sudah pernah diinformasikan ke pihak terkait.  Namun belum ada tanggapan dari Pemkab Bengkalis maupun Provinsi Riau.

"Amblasnya lahan ini selain akibat curah hujan yang tinggi juga diakibatkan tidak berfungsinya kanal-kanal dari perusahaan PT Meskom Agro Sarimas (MAS). Apabila tidak cepat ditanggulangi, dikuatirkan lahan yang amblas makin meluas hingga ke permukiman penduduk," kata Kades.

Sementara Danramil 01 Bengkalis Kapten (Cpl) Farimus Hendriko saat meninjau lokasi mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti dan mengkoordinasikan dengan komando atasnya serta membahasnya saat rapat bersama Pemda.

"Keadaan geografis Desa Simpang Ayam terletak di bagian Barat Pulau Bengkalis yang berhadapan dengan Selat Malaka dan beberapa hari ini curah hujan yang tinggi dengan ombak laut yang sangat kencang sehingga mengakibatkan tergerusnya bibir pantai dan mengakibatkan tanah bergeser dan abrasi," kata Danramil.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan Ha lahan perkebunan di Bengkalis amblas

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE