Jumlah pernikahan usia anak di Tanjungpinang turun drastis

id Pernikahan usia anak,tanjungpinang, kepulauan riau, kepri,pernikahan anak,pernikahan dini

Jumlah pernikahan usia anak di Tanjungpinang turun drastis

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Rustam. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Kepri, Rustam menyatakan angka pernikahan usia anak pada tahun 2022 turun drastis dibanding tahun sebelumnya.

"Pernikahan usia anak di Tanjungpinang mengalami penurunan dari 30 kasus pada 2021, menjadi enam kasus pada 2022," kata Rustam di Tanjungpinang, Jumat.
 
Ia menuturkan pernikahan usia anak selama 2022 tersebar di enam kelurahan, yaitu Tanjung Ayun Sakti, Tanjung Unggat, Air Raja, Pinang Kencana, Melayu Kota Piring dan Batu IX, dengan jumlah masing-masing kelurahan satu kasus.

Baca juga:
Gubernur Ansar percantik kawasan kuliner di Tanjungpinang

Pria yang tewas di kamar hotel Tanjungpinang diduga overdosis


Dilihat dari jenis kelaminnya, sebanyak dua anak yang menikah di usia anak adalah laki-laki dan sisanya empat anak perempuan.

Sementara, kasus perkawinan usia anak selama 2021 tersebar di 13 kelurahan, yaitu Sei Jang satu anak, Tanjung Ayun Sakti satu anak, Dompak lima anak, Tanjung Unggat satu anak, Kamboja dua anak, dan Kampung Baru satu anak.

Kemudian di Tanjungpinang Barat empat anak, Senggarang tiga anak, Penyengat satu anak, Kampung Bugis sua anak, Pinang Kencana satu anak, Melayu Kota Piring empat anak, Batu IX satu anak dan dari luar daerah tiga anak.

"Dilihat dari jenis kelaminnya, pernikahan usia anak pada 2021 sebanyak enam anak merupakan laki-laki dan 24 anak perempuan," ujarnya.

Baca juga:
Kapolresta Tanjungpinang: Kasus begal viral di media sosial hoaks

Polisi evakuasi jasad pria yang ditemukan meninggal di Hotel Tanjungpinang


Menurut Rustam penurunan kasus pernikahan usia anak tahun 2022 disebabkan beberapa hal, antara lain pemerintah gencar melakukan sosialisasi masalah potensi anak menderita stunting atau kekerdilan yang lahir dari pasangan menikah di usia dini.

Selain itu, pemerintah juga terus menggalakkan penyebarluasan informasi pentingnya pernikahan di usia matang agar terwujud keluarga yang berkualitas.

"Kami selalu mengimbau bahwa pernikahan usia anak berpotensi menyebabkan angka kematian ibu, hingga anak lahir prematur karena kondisi rahim belum siap," ucap Rustam.

Lanjutnya menyampaikan meskipun pernikahan usia anak menurun pada 2022, tetapi potensi untuk meningkat kembali di tahun 2023 ini tetap ada.

Maka itu, perlu kewaspadaan semua pihak baik anak-anak itu sendiri, para orangtua, masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk terus melakukan pencegahan dan pengawasan anak-anak agar tidak terjerumus pada tindakan tertentu, hingga dapat mengakibatkan kondisi kedaruratan yang sering melatarbelakangi terjadinya pernikahan usia anak.

"Selain kewaspadaan semua pihak, diperlukan juga berbagai upaya kolaboratif dalam rangka pencegahan pernikahan usia anak di Tanjungpinang," ujar Rustam.

Baca juga:
Pemprov Kepri tingkatkan fasilitas rumah sakit angkatan laut di Tanjungpinang

MUI Kepri minta pemda tertibkan "manusia silver"

Bazar Imlek bangkitkan ekonomi Kota Lama Tanjungpinang

Pemkot Tanjungpinang usulkan Engku Putri Raja Hamidah jadi pahlawan nasional

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE