Waspada! Gelombang tinggi empat meter di perairan Indonesia

id BMKG ,Gelombang tinggi ,Perairan Indonesia

Waspada! Gelombang tinggi empat meter di perairan Indonesia

Ilustrasi - Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023). (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/focpri.)

Jakarta (ANTARA) - Gelombang tinggi hingga empat meter berpotensi terjadi di beberapa perairan Indonesia pada 21-23 Maret 2023. Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada potensi gelombang tinggi.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Selasa (21/3/2023) menyampaikan, kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Kepulauan Sangihe-Talaud dan Laut Sulawesi bagian tengah.

Baca juga: Waspada! Gelombang tinggi hingga empat meter pada 17-18 Maret

Kondisi itu, kata Eko Prasetyo, menyebabkan peluang gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh-Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Timur.

Lalu, di perairan selatan Bali-Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Samudra Hindia Selatan NTB-NTT, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan Bitung, perairan Kepulauan Sitaro, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua.

Gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5-4 meter berpeluang di Samudera Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Banten-Bali.
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada gelombang tinggi empat meter di perairan Indonesia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE