Rupiah Jumat Sore Menguat ke Bawah Rp9.000

id rupiah, menguat, ke bawah, bank, indonesia, acuan, rate, naik, suku. bunga,

Rupiah Jumat Sore Menguat ke Bawah Rp9.000

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution. (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta (ANTARA News) - Pergerakan mata uang dalam negeri, rupiah, kembali bergerak dalam area positif melanjutkan penguatan ke bawah level Rp9.000 seiring dengan kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia  atau BI rate naik 25 bps menjadi 6,75 persen.

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta pada Jumat sore  menguat sebesar 30 poin ke posisi Rp8.990 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp9.020.

Pengamat pasar uang David Sumual di Jakarta, Jumat, mengatakan, naiknya BI rate itu mendorong pelaku asing lebih optimistis bahwa keuntungan yang diperoleh di dalam negeri akan lebih tinggi.

Dengan naiknya BI rate, lanjut dia, diharapkan pemerintah juga dapat mengontrol pergerakan inflasi agar tidak bergerak liar.

Ia meyakini pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menghadapi inflasi di bulan-bulan berikutnya sehingga tingkat risiko investasi pun menjadi relatif cukup aman.

Selain itu, lajut dia, kenaikan rupiah juga dipicu oleh pelemahan dolar AS terhadap mata uang global, seiring lambatnya laju perbaikan ekonomi di AS.

"Ekspektasi lambatnya laju pertumbuhan ekonomi AS memberi sentimen positif pada rupiah, ditambah pengaruh yang datang dari krisis di Mesir," katanya.

Ia menambahkan, krisis yang terjadi di Mesir saat ini membuat investor kembali menjadikan negara 'emerging markets' sebagai tempat berinvestasi, termasuk Indonesia.

Perekonomian Indonesia, lanjut dia, dinilai masih tumbuh baik di kawasan Asia, dan menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi positif pada tahun ini.

Selain faktor global, kata David, menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) turut memberi kontribusi pergerakan mata uang lokal.

"Pelaku pasar membeli rupiah dan melepas dolar AS untuk bermain di pasar saham, yang mendorong IHSG menguat," ucapnya.

Sementara, menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah melemah 13 poin ke posisi Rp9.030 dibanding sebelumnya sebesar Rp9.017.
(ANT-ZMF/R010/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE