13 anggota Komite Nasional Papua Barat serahkan diri ke pangkuan NKRI

id KNPB Maybrat,kembali ke NKRI

13 anggota Komite Nasional Papua Barat serahkan diri ke pangkuan NKRI

Sebanyak 13 orang anggota KNPB Kabupaten Maybrat berpose bersama Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, di Makorem 181/PVT, Selasa (23/5). (ANTARA/Yuvensius Lasa Banafanu)

Sorong (ANTARA) - Sebanyak 13 orang anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Maybrat, Papua Barat Daya menyerahkan diri ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan diterima Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, pada Selasa.

Danrem 181/PVT dalam keterangan persnya yang diterima Antara di Sorong, Selasa, menjelaskan 13 KNPB itu terdiri atas tiga pimpinan dan 10 anggota. Semuanya membuat pernyataan kembali ke NKRI di Korem 181/PVT Sorong.

"Mereka sadar selama ini tergabung dalam organisasi terlarang, dan menghambat pembangunan di Maybrat, tak hanya itu, ketiga pimpinan dan para anggota KNPB yang masuk ke Indonesia juga bersepakat menjaga keamanan," kata Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan.

Ia mengatakan TNI akan terus merangkul secara berkala para anggota bahkan simpatisan KNPB di Maybrat, Papua Barat Daya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Maybrat Ferdinando Solossa menyampaikan rasa syukur karena saudaranya yang selama ini bergabung dengan kelompok terlarang, kini kembali ke NKRI. Karena gerakan yang selama ini dibangun di Maybrat, berdampak sistemik bagi keamanan masyarakat sipil dan pembangunan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 13 anggota KNPB wilayah Maybrat serahkan diri ke pangkuan NKRI

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE