Erick Thohir: BUMN-swasta punya fungsi sama dorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di Indonesia

id ERICK THOHIR,BUMN,SWASTA,KADIN INDONESIA

Erick Thohir: BUMN-swasta punya fungsi sama dorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kanan) dan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kedua dari kiri) saat jumpa pers acara Forum Sinergi BUMN-Swasta yang diselenggarakan Kadin Indonesia di Jakarta, Senin (14/8/2023). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan bahwa BUMN dan sektor swasta mempunyai fungsi yang sama, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga kesejahteraan di Indonesia.

BUMN dan private sector ini sebenarnya fungsi sama sepertinya payungnya berbeda tetapi fungsinya sama.

"Kami ini sama-sama harus bersatu memastikan yang namanya pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang kedua kesejahteraan dan pemerataan. Kami harus memastikan yang besar tumbuh, yang menengah tumbuh, yang kecil apalagi harus tumbuh ini yang yg dinamakan Indonesia in Corporation," ucap Erick saat memberi sambutan pada acara Forum Sinergi BUMN-Swasta yang diselenggarakan Kadin Indonesia di Jakarta, Senin.

Ia mengungkapkan saat ini banyak program-program BUMN yang berkolaborasi dengan sektor swasta mulai dari yang besar, menengah maupun kecil. Erick mencontohkan program kredit usaha rakyat (KUR) dan juga pengelolaan aset-aset BUMN.

Baca juga: FIFA sepakati Piala Dunia U-17 digelar di empat stadion

Erick juga mengungkapkan, untuk mendorong sinergi BUMN dan sektor swasta yang lebih signifikan diperlukan juga blueprint (cetak biru) yang nantinya diusulkan kepada pemerintah.

"Saya rasa dorongan kami bersinergi dengan private sector itu luar biasa tinggal bagaimana kita membuat blueprint sama-sama, yang kita mem-propose ke pemerintah," ujar Erick.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa penyelenggaraan Forum Sinergi BUMN-Swasta tersebut menekankan pada empat sektor, yakni infrastruktur, transisi energi, kesehatan, dan perbankan.

Nantinya, kata dia, empat sektor tersebut akan dipetakan, di mana peran BUMN dan juga peran swasta.
 
Baca juga: Erick Thohir mengungkapkan PMN untuk Jiwasraya cair pada akhir tahun 2023

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick Thohir: BUMN-swasta punya fungsi sama dorong pertumbuhan ekonomi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE