Tol Lingkar Pekanbaru ditargetkan beroperasi akhir 2024

id tol lingkar pekanbaru,jalan tol trans sumatera,beroperasi,akhir 2024

Tol Lingkar Pekanbaru ditargetkan beroperasi akhir 2024

Desain Jalan Tol Ruas Rengat – Pekanbaru Seksi Lingkar Pekanbaru (Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru). ANTARA/HO - Hutama Karya

Jakarta (ANTARA) - Proyek pembangunan jalan tol Ruas Rengat – Pekanbaru Seksi Lingkar Pekanbaru (Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru) sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera ditargetkan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024.

"Jalan tol yang ditargetkan selesai dan dioperasikan pada akhir tahun 2024 ini juga dapat meningkatkan arus pelayanan distribusi barang dan jasa dari arah Sumatera Barat menuju ke Riau, mengurai kemacetan dalam Kota Pekanbaru karena kendaraan logistik dari arah Sumatera Barat menuju Sumatera Utara sudah dapat langsung toll - to - toll," ujar Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan penandatanganan kontrak proyek akan dilakukan pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September mendatang.

"Kita, sebagai perusahaan BUMN, berharap dengan terhubungnya konektivitas infrastruktur jalan tol ini dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan Provinsi Riau menjadi epicentrum Sumatera," katanya.

Pembangunan tol ini akan terkoneksi dengan tiga ruas Jalan Tol Trans Sumatera, yakni jalan tol Ruas Rengat – Pekanbaru, Ruas Pekanbaru – Bangkinang, dan backbone Trans Sumatera Ruas Pekanbaru – Dumai.

Tol Lingkar Pekanbaru juga memudahkan konektivitas ke berbagai tempat pariwisata, satu di antaranya Candi Muara Takus.

Pembangunan jalan tol ini juga akan didukung sejumlah penggunaan teknologi konstruksi digital atau digital construction di antaranya Building Information Modelling (BIM) dan Light Detection and Ranging (LiDAR) untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, mengefisienkan waktu pengerjaan dan hasil yang tepat mutu.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tol Lingkar Pekanbaru ditargetkan beroperasi akhir tahun 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE