Batam terima penghargaan dana insentif fiskal penurunan stunting Rp6 miliar

id Kepri,batam ,stunting ,penghargaan dana insentif fiskal

Batam terima penghargaan dana insentif fiskal penurunan stunting Rp6 miliar

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid usai menerima penghargaan dana insentif fiskal penurunan stunting dari pemerintah pusat yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menerima penghargaan berupa dana insentif fiskal penurunan stunting dari Pemerintah Pusat sebesar Rp6 miliar.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Senin, mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai kontribusi dalam percepatan penurunan stunting di Kota Batam.

Ia menyebutkan penghargaan berupa dana insentif fiskal yang diberikan akan menjadi motivasi bagi Pemkot Batam untuk terus meningkatkan upaya dalam menekan angka stunting di Kota Batam.

"Pemkot Batam berkomitmen menurunkan angka stunting di Kota Batam, sehingga target angka prevalensi stunting 14 persen pada 2024 dapat tercapai," kata Jefridin.

Pada tahun 2020 angka stunting di Kota Batam berjumlah 3.876 kasus atau 7,21 persen, pada tahun 2021 turun menjadi 3.367 kasus atau 6,02 persen.

Pada tahun 2022, Pemkot Batam berhasil menurunkan angka stunting menjadi 1.441 atau 2,42 persen, dan tahun 2023 angka stunting di Kota Batam menjadi 1.207 atau 1,90 persen.

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, pemkot juga sudah berkolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pihak swasta di Kota Batam termasuk program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) sudah berjalan di Kota Batam, baik dari per orangan maupun perusahaan.

"Melalui APBD Tahun 2023 untuk penanganan penurunan angka stunting di Kota Batam dianggarkan sebesar Rp69 miliar yang terbagi di beberapa OPD. Sementara jumlah anak yang sudah di bawah tanggungjawab Bapak Asuh berjumlah 299 anak," ujar dia.

Penurunan angka stunting menjadi prioritas Pemkot Batam mengingat hal tersebut merupakan arahan Wakil Presiden RI.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE