Riau antisipasi banjir dampak pembukaan pintu pelimpah PLTA Koto Panjang

id BPBD Riau antisipasi, pintu pelimpah dibuka, PLTA Koto Panjang,banjir, riau

Riau antisipasi banjir dampak pembukaan pintu pelimpah PLTA Koto Panjang

Waduk PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar yang tiga pintu pelimpahnya dibuka akibat tingginya debit air Sungai Kampar. ANTARA/HO-PLN

Pekanbaru, (ANTARA) - BPBD Provinsi Riau mengimbau BPBD kabupaten/kota yang dialiri Sungai Kampar untuk mengantisipasi kejadian banjir dan longsor setelah dibukanya pintu pelimpah Pembangkit Listrik Tenaga Air Koto Panjang, Kampar oleh PLN.

Kepala Pelaksana BPBD Riau Edy Afrizal di Pekanbaru, Jumat, meminta BPBD kabupaten/kota memastikan informasi prediksi cuaca, dengan memastikan kesiapsiagaan di level masyarakat berjalan baik dan efektif, mengecek jalur evakuasi dan tempat pengungsian yang aman dengan mempertimbangkan protokol kesehatan, dan mengidentifikasi kebutuhan serta ketersediaan sumber daya di daerah berdasarkan rencana kontingensi yang telah disusun.

"Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan dinas terkait di tingkat kabupaten/kota. Melaksanakan sosialisasi dan edukasi peringatan dini bencana kepada masyarakat, dan melakukan upaya mitigasi, seperti membersihkan saluran air, naturalisasi sungai, vegetasi tumbuhan berakar kuat, membuat dinding penahan tebing dan lainnya," katanya.

PLTA Koto Panjang membuka pintu pelimpah pada hari ini pukul 14.00 WIB.

Manajer Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Air (ULPLTA) Koto Panjang Cecep Sofhan Munawar mengeluarkan surat pemberitahuan pembukaan pintu limpahan pada Jumat pagi.

Surat itu menyebutkan tingginya intensitas hujan di area waduk, sehingga debit air masuk (inflow) ke waduk menyebabkan tinggi elevasi naik cukup signifikan.

Oleh karena itu, pintu pelimpah (spillway gate) waduk dibuka pada pukul 14.00 WIB. Tiap pintu pelimpah akan dibuka setinggi 40 sentimeter (3x40 cm).

Dalam surat PLN tersebut, disebutkan bahwa pembukaan pintu pelimpah akan menaikkan permukaan Sungai Kampar.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE