Liverpool amankan puncak klasemen Liga Inggris

id Liverpool,Burnley,Liga Inggris,Premier League

Liverpool amankan puncak klasemen  Liga Inggris

Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (Photo by Paul ELLIS/AFP)

Jakarta (ANTARA) -
Liverpool mengamankan puncak klasemen Liga Inggris usai mengatasi perlawanan Burnley 3-1 dalam pertandingan pekan ke-24 di Stadion Anfield, Merseyside pada Sabtu malam WIB. 

Liverpool merebut kembali posisi puncak klasemen dengan 54 poin, menggeser Manchester City yang sebelumnya di posisi teratas dengan 52 poin usai menekuk Everton 2-0.
 
Memulai babak pertama, Liverpool yang bermain di depan publik sendiri terus menekan pertahanan Burnley.
 
Namun pada menit ke-9, penyerang Burnley, Zeki Amdouni melepaskan sepakan yang mengancam pertahanan Liverpool.
 
The Reds baru memperoleh gol melalui tendangan sudut pada menit ke-31. Umpan dari Trend Alexander-Arnold dengan mudah ditanduk oleh Diogo Jota untuk membawa Liverpool unggul.
 
Enam menit berselang, pergerakan Darwin Nunez yang mengirimkan umpan silang masih bisa diantisipasi pertahanan Burnley.
 
Di penghujung babak pertama, umpan silang Josh Brownhill dari tendangan sudut disundul oleh O'shea ke sudut kiri gawang yang tak mampu dijangkau Kelleher. Skor imbang 1-1 bertahan di babak pertama.
 
Sepanjang babak pertama, The Reds memperoleh sembilan kali tembakan dengan empat tembakan mengarah ke gawang, sedangkan Burnley melepaskan enam tembakan dan tiga diantaranya mengarah ke gawang.
 
Memulai babak kedua, Liverpool melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Elliott menggantikan Arnold.
 
Masuknya Elliott menambah daya serang Liverpool di sektor kanan, hasilnya dituai pada menit ke-53. Pergerakan Elliott di sisi kanan melepaskan umpan silang yang ditanduk oleh Luis Diaz dan membawa The Reds unggul 2-1.
 
Di menit ke-63, kesalahan antisipasi pertahanan Liverpool membuat Fofana tinggal berhadap-hadapan dengan Kelleher. Namun sepakan keras Fofana masih bisa diantisipasi Kelleher.
 
Unggul 2-1 tidak membuat Liverpool mengendurkan serangan.
 
Pada menit ke-80, umpan silang Elliott mampu disundul oleh Nunez untuk membawa Liverpool unggul 3-1.
 
Hingga akhir peluit babak kedua berbunyi, skor 3-1 bertahan untuk keunggulan Liverpool.
 
Tambahan tiga poin membuat The Reds menggeser Manchester City di puncak klasemen.

Saat ini Liverpool mengoleksi 54 poin dari 24 pertandingan. Sementara kekalahan ini membuat Burnley kian terbenam di zona degradasi dengan berada di peringkat ke-19 dengan koleksi 13 poin dari 24 pertandingan.
 
Sementara itu, Jurgen Klopp menyoroti cedera yang dialami bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold dan rencana penggunaan "blue card" setelah The Reds menang 3-1 atas Burnley pada Sabtu malam tadi.

Liverpool yang menang berkat gol Diego Jota, Luis Diaz dan Darwin Nunez terpaksa menarik keluar Arnold pada awal babak kedua untuk digantikan Harvey Elliot.

Padahal, Arnold baru saja mencetak rekor sebagai bek yang mencetak 58 assist setelah melambungkan sepak pojok yang dituntaskan Jota pada babak pertama.

"Lututnya lagi? Ya, rasanya seperti itu. Dia tersandung di rumput dan kami masih memantaunya. Kami harus mengevaluasi," ujar Klopp seperti dikutip AFP pada Minggu WIB.

"Area yang sama di lutut. Tidak ada yang terlalu buruk, tapi dia merasakannya lagi dan kami harus melihatnya," kata mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Di sisi lain, Klopp menyatakan bahwa Arnold mengaku "tidak ada apa-apa" pada kakinya dan ingin tetap bermain.

"Namun kami harus berhati-hati dan menariknya keluar dan itu menjadi masalah ganda karena Trent keluar dan kami tidak punya bek kanan lain yang tersedia," kata Klopp.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Liverpool kembali amankan puncak klasemen usai tekuk Burnley 3-1

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE