Orotitas Mesir peringatkan 'dampak mengerikan' serangan Israel di Rafah

id Mesir,Kota Rafah,Palestina,Israel,gaza,militer israel,perang,dampak,warga palestina

Orotitas Mesir peringatkan 'dampak mengerikan' serangan Israel di Rafah

Foto udara menunjukkan bangunan dan mobil yang hancur pasca serangan Israel yang berlanjut di Rafah, Gaza, Palestina, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Anadolu Agency/aa.

Kairo (ANTARA) - Otoritas Mesir pada Minggu (11/2) memperingatkan “dampak mengerikan” akibat serangan darat di Kota Rafah di Jalur Gaza selatan yang direncanakan Israel.

Militer Israel berencana meluncurkan serangan darat di Rafah, rumah bagi lebih dari satu juta penduduk yang mencari perlindungan, guna mengalahkan apa yang disebut Tel Aviv sebagai sisa “batalion Hamas”.

Rencana itu memicu kekhawatiran akan terjadinya bencana kemanusiaan di Kota Rafah.

“Menargetkan Rafah, ditambah kebijakan Israel yang selalu menghalangi akses bantuan kemanusiaan, merupakan kontribusi nyata dalam menerapkan kebijakan untuk mengusir warga Palestina sekaligus menghancurkan perjuangan mereka,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir.

Mesir menegaskan pihaknya menolak pernyataan resmi Israel soal serangan Rafah, memperingatkan bahwa rencana serangan tersebut “akan menimbulkan konsekuensi yang mengerikan, apalagi mengingat risiko yang memperparah bencana kemanusiaan di Jalur Gaza.”

Mesir menyerukan persatuan upaya internasional dan regional untuk mencegah rencana serangan terhadap Rafah, yang saat ini menampung sekitar 1,4 juta pengungsi Palestina yang menganggap kota tersebut daerah aman terakhir di Gaza.

Militer Israel pada Minggu menyetujui rencana serangan darat di Rafah, menurut lembaga penyiar publik Israel, KAN.

Warga Palestina mencari tempat perlindungan di Kota Rafah ketika Israel menggempur sisa wilayah Gaza sejak 7 Oktober, yang telah menewaskan lebih dari 28.000 orang dan menyebabkan kehancuran massal serta krisis kebutuhan pokok.

Sumber: Anadolu

Baca juga:
Mahasiswi Indonesia tewas tertimpa batang pohon tumbang di Australia

Joe Biden minta Netanyahu untuk jamin keselamatan warga sipil di Kota Rafah


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mesir peringatkan 'dampak mengerikan' serangan Israel di Rafah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE