UEFA terapkan format baru Liga Champions. fase grup diganti sistem liga

id UEFA, Liga Champions, format baru, sepak bola Internasional,Aleksander Ceferin

UEFA terapkan format baru Liga Champions. fase grup diganti sistem liga

Logo Liga Champions melekat dalam bola resmi yang digunakan dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub Eropa tersebut. (ANTARA/AFP/Denis Charlet)

Jakarta (ANTARA) - UEFA resmi menerapkan format baru kompetisi Liga Champions musim 2024/2025, yaitu mengganti fase grup dengan sistem liga, demikian disampaikan pada Senin malam WIB.
 
"UEFA jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin di situs resmi UEFA.
  
Jumlah peserta Liga Champions format baru pun akan bertambah dari 32 menjadi 36 tim. Fase grup yang biasanya terdiri dari delapan grup juga tidak lagi berlaku, digantikan dengan satu klasemen liga.
 
UEFA akan membagi seluruh peserta ke dalam empat pot unggulan. Nantinya setiap peserta menghadapi delapan lawan berbeda di kandang atau tandang, tidak lagi bertemu tim yang sama home-away sebagaimana format sebelumnya.
 
Sebanyak delapan tim teratas klasemen akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Tim peringkat 9 hingga 24 bakal memperebutkan delapan jatah sisa ke fase gugur lewat play-off, sementara tim peringkat ke-25 dan seterusnya dipastikan gugur.
 
Pada babak 16 besar hingga seterusnya masih akan berlaku format seperti yang berlaku sekarang.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UEFA resmi terapkan format baru Liga Champions musim 2024/2025

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE