3.115 WNI ikut pemulangan dari Malaysia dalam sepekan terakhir

id Repatriasi PATI,Malaysia,pmi, tki

3.115 WNI ikut pemulangan dari Malaysia dalam sepekan terakhir

Tangkapan layar - Menteri Dalam Negeri Malaysia Saifuddin Nasution Ismail memberikan keterangan pada awak media di Putrajaya, Jumat (8/3/2024). (ANTARA/Virna P Setyorini)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebanyak 3.115 WNI di Malaysia mengikuti repatriasi atau pemulangan pendatang asing tanpa izin (PATI) kembali ke negara asal dalam waktu sepekan terakhir.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Saifuddin Nasution Ismail dalam keterangan kepada media di Putrajaya, Jumat, mengatakan pada periode 1 hingga 7 Maret 2024, terdapat sebanyak 5.983 pendatang asing tanpa izin (PATI) mendaftar repatriasi dan 1.864 orang telah pulang ke negara asal mereka.

“Yang betul-betul telah meninggalkan negara ini 1.864, sebagian lainnya mengurus dokumen perjalanan mereka, tiket dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Polisi bongkar peredaran ratusan kilogram sabu jaringan Malaysia

Jumlah tertinggi berasal dari Indonesia yang mencapai 3.115 orang.

Ia mengatakan melalui proses bayar denda dari program repatriasi di periode itu diperoleh 2,9 juta RM atau sekitar Rp9,6 miliar.

Pemerintah Malaysia menjalankan program repatriasi migran dari 1 Maret hingga 31 Desember 2024. Program tersebut menyasar WNA yang melebihi masa tinggal, menyalahgunakan visa kerja, atau tanpa memiliki dokumen.

Baca juga:
Satpol PP Batam komitmen wujudkan ketertiban

Pemkot Tanjungpinang raih sertifikat bebas frambusia dari Kemenkes RI tahun 2024

Pemkab Natuna alokasikan dana Rp2 miliar untuk membangun gedung LAM

Pemkab Natuna imbau masyarakat jaga situasi kondusif saat Ramadhan 1445 H

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 3.115 WNI ikuti pemulangan dari Malaysia dalam seminggu terakhir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE