Gereja HKBP Batam Center sumbang 3 ekor kambing pada Idul Adha 1445 H

id Kepri,batam ,idul adha ,Gereja HKBP ,batam center ,hewan kurban,Gereja Huria Kristen Batak Protestan,Ressort Batam Center,Nurul Yaqin, Masjid AL Hikma

Gereja HKBP Batam Center sumbang 3 ekor kambing pada Idul Adha 1445 H

Gereja HKBP Batam Center saat menyerahkan hewan kurban berupa kambing pada salah satu masjid (ANTARA/HO-Gereja HKBP Batam Center)

Batam (ANTARA) - Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau menyumbangkan tiga ekor kambing untuk masjid-masjid di sekitar gereja pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.   

Pimpinan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Batam Center Pendeta Marudut Simanjuntak di Batam, Senin mengatakan tradisi ini rutin dilakukan pihaknya itu, tujuan untuk menjaga keharmonisan sebagai anak bangsa.  

Ia berharap di momen Idul Adha ini, sebagai sesama anak bangsa untuk senantiasa hidup rukun dan saling menghargai.

"Tahun ini kita memberikan 3 ekor kambing sebagai hewan kurban kepada 3 masjid di sekitar gereja. Program ini dilakukan setiap tahun," kata Marudut.

Adapun tiga masjid yang diberikan hewan kurban jenis kambing oleh Gereja HKBP Batam Center, di antaranya Nurul Yaqin, Masjid AL Hikmah, Masjid Miftahul Jannah Bahtera.

Baca juga: Jumlah hewan kurban Idul Adha 1445 H di Batam capai 4.986 ekor

Dewan Koinonia Gereja HKBP Ressort Batam Center St. Rudy Panjaitan mengatakan penyerahan tiha ekor kambing ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat ciptaan Tuhan di Kota Batam.  

"Upaya ini sebagai rasa saling berbagi sesama umat ciptaan Tuhan dalam momentum hari raya kurban," ujar Rudy.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat jumlah hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi di kota itu mencapai 4.986 ekor.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam Zulkarnain Umar di Batam, Senin, mengatakan jumlah hewan kurban pada 2024 ini mengalami kenaikan 13,7 persen dibandingkan dengan 2023, yaitu 3.642 ekor.

"Pada 2024 ini total jumlah hewan kurban sapi dan kambing dari 12 kecamatan sebanyak 4.986 ekor terdiri dari 1.491 ekor sapi dan 3.495 ekor kambing," ujar Zulkarnain.

Baca juga: Lanud RSA Natuna-Kepri bagikan 157 kilogram daging kurban kepada warga

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE