Debarkasi Batam fasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air

id Pemulangan jamaah haji

Debarkasi Batam fasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air

Pemulangan jamaah haji melalui debarkasi Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (29/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenag Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Debarkasi Batam (BTH), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah memfasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air hingga Kelompok Terbang (Kloter) 8 dari 28 kloter per Sabtu 29 Juni 2024.

“Dari 448 haji Kloter 8 yang berangkat ke tanah suci pada 20 Mei 2024, semuanya kembali dengan selamat pada Sabtu. Dari jumlah tersebut, 220 orang di antaranya laki-laki dan 228 orang perempuan,” kata Ketua Kloter BTH 08 Muhammad Yunus di Batam, Minggu.



Yunus menyampaikan, proses rangkaian ibadah haji dilalui oleh jamaah BTH 08 dengan lancar selama di Madinah dan Makkah.

“Rangkaian ibadah haji lancar, pelaksanaan nusuk lancar, mulai dari ibadah arbain (di Madinah) jamaah bersemangat mengikutinya, kami di sana juga mengunjungi Raudhah,” ujarnya.

Tidak hanya di Madinah, kata dia, pelaksanaan ibadah haji di Makkah juga terlaksana dengan lancar dan tidak ada kendala.

Semuanya terbantu dengan program haji ramah lansia yang diusung pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag).



“Armuzna tak ada kendala, baik dari jemaah reguler maupun lansia dan risiko tinggi. Sesuai dengan tema haji lansia, kami mengutamakan lansia walaupun dengan mendorong dan menggendong,” tuturnya.

Lanjut Yunus menyampaikan dari jumlah 448 haji kloter BTH 8 tersebut, 440 merupakan haji asal Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, dua orang petugas kloter dari Kemenag, tiga orang petugas kloter dari kesehatan, dan tiga orang lainnya Petugas Haji Daerah (PHD).

Keseluruhan jamaah haji BTH 8 dipulangkan ke daerah asal dengan didampingi petugas daerah Rokan Hulu pada Ahad 30 Juni 2024 (hari ini, red).

Jemaah dipulangkan dalam tiga penerbangan, yakni dengan maskapai Citylink pukul 07:40 WIB, Lion Air pukul 07:45 WIB, dan Superjet pukul 08:30 WIB.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Debarkasi Batam sudah fasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE