KPU Karimun laksanakan edukasi untuk pemilih pemula jelang Pilkada 2024

id kepri,batam,kpu karimun,karimun,pilkada,Pilkada 2024,pilkada serentak

KPU Karimun laksanakan edukasi untuk pemilih pemula jelang Pilkada 2024

Sosialisasi dan edukasi mengenai pilkada yang diselenggarakan oleh KPU Karimun di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA). (ANTARA/HO-KPU Karimun)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun melaksanakan edukasi bagi pemilih pemula menjelang Pilkada 2024.

Ketua KPU Karimun Mardanus menjelaskan bahwa sosialisasi ini ditujukan kepada generasi muda, terutama siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dengan tujuan mengedukasi mereka agar dapat memilih secara cerdas.

"Kami sasar sekolah-sekolah dan kegiatan yang melibatkan generasi muda untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemilihan umum serta mendorong partisipasi aktif mereka," ujarnya saat dihubungi di Batam, Rabu.

Sebelum Pilkada berlangsung, KPU Karimun telah menyusun rencana sosialisasi untuk menjangkau sembilan segmen masyarakat yakni organisasi masyarakat (ormas), paguyuban, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), keluarga, komunitas spesifik seperti media, keagamaan, kelompok marginal, perempuan dan difabel.

Sosialisasi ke sekolah-sekolah dilakukan dengan dua metode, pertama, KPU mengunjungi sekolah-sekolah secara langsung yang telah dilaksanakan di empat sekolah SMA.

Metode kedua adalah mengadakan seminar massal dan mengundang perwakilan dari beberapa sekolah untuk datang.

"Kami mengundang narasumber eksternal untuk memberikan wawasan. Setiap perwakilan sekolah akan membuat yel-yel dan juga ada doorprize,” ujar Kepala Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Suhermita saat dihubungi di Batam, Rabu.

Seminar tersebut mencakup materi yang memberi edukasi terhadap pentingnya Pilkada untuk menentukan nasib daerah, hak setiap individu untuk memilih dan pentingnya peran para pemilih.

Program tersebut diharapkan dapat membuat generasi muda lebih sadar dikarenakan pemilihan bupati merupakan bagian dari politik lokal yang dekat dengan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah ada tiga bakal paslon jadi ada beberapa pilihan yang variatif, semoga ini dapat memicu para pemilih untuk memilih calon dengan cermat dan cerdas,” tutupnya.

KPU Kabupaten Karimun terus melaksanakan sosialisasi dan edukasi hingga pada puncak 27 November 2024, mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi secara aktif pada masa pemilihan mendatang.

Baca juga:
KPU Karimun sediakan kunjungan lokasi bagi pemilih berkebutuhan khusus

KPU Karimun siapkan 426 TPS yang tersebar di 14 kecamatan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE