Bakamla RI laksanakan patroli bersama "YUDHISTIRA-C" di Bintan-Kepri

id Bakamla RI,kepri,YUDHISTIRA -C,bintan

Bakamla RI laksanakan patroli bersama "YUDHISTIRA-C" di Bintan-Kepri

Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso dan jajaran melaksanakan monitoring dan evaluasi pada salah satu unsur patroli bersama “YUDHISTIRA -C” di Dermaga Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (17/10/2024). (ANTARA/HO-Humas Bakamla RI)

Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melaksanakan patroli bersama tahap III bersandi “YUDHISTIRA-C” yaitu KRI Pulau Rangsang–727 di Dermaga Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso mengatakan patroli bersama itu sesuai dengan tugas Bakamla melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 dan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2023.

"Seiring dengan melaksanakan patroli bersama itu, kegiatan monitoring dan evaluasi ini juga diadakan sebagai sarana dalam mengkaji seluruh permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan patroli, baik hal teknis, operasional, maupun dukungan," kata Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso di Bintan, Kamis.

Kegiatan monitoring dan evaluasi itu diawali dengan paparan hasil patroli bersama yang sudah berlangsung oleh Komandan KRI Pulau Rangsang–727 Mayor Laut (P) Jamroji Dwi Wahono, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari perwakilan tiap-tiap Instansi yang tergabung dalam patroli bersama tersebut.

Baca juga: Patroli Udara Bakamla RI pantau kepadatan jalur lintas laut Batam

Dalam acara ini ditekankan beberapa poin yang menjadi fokus bersama selama patroli berlangsung, yakni pentingnya berkoordinasi secara aktif guna menghindari adanya pemeriksaan kapal yang berulang, serta pentingnya memahami secara mendalam mengenai berbagai pelanggaran yang terjadi di laut.

Kegiatan berjalan lancar dan turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga terkait yakni, TNI AL, Polri, KKP, KPLP, dan Kementerian Keuangan. Selain KRI Pulau Rangsang-727, turut hadir KN. Bintang Laut-401 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla Andi Christi Mahendra.

"Dengan adanya monitoring dan evaluasi ini, diharapkan Bakamla RI selaku instansi penyelenggara dapat menggunakan saran dan masukan tersebut sebagai perbaikan serta peningkatan perencanaan dalam pelaksanaan Patroli Bersama ke depan," demikian Direktur Operasi Laut Bakamla RI.

Baca juga: Bakamla-Singapore Coast Guard pererat sinergitas untuk jaga keamanan laut

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE