BMKG: 13 kali gempa susulan guncang Halmahera Selatan

id BMKG, Gempa, Halmahera Selatan, Maluku Utara,gempa susulan ,gempa dangkal,musibah, bencana alam, gempa

BMKG: 13 kali gempa susulan guncang Halmahera Selatan

Peta pusat gempa bumi yang berada di laut pada kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 1,10° Lintang Selatan (LS) ; 127,38° Bujur Timur (BT), atau berjarak 4 kilometer dari arah barat daya Laut Obi Utara, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Senin (21/10/2024) (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 13 kali gempa susulan yang mengguncang wilayah Halmahera Selatan, Maluku Utara, Senin sore.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Senin, mengatakan dari hasil diseminasi data analisis rentetan 13 gempa itu berlangsung mulai dari pukul 12.24 WIT hingga pukul 16.20 WIT dengan guncangan terbesar 5,7 magnitudo.

BMKG mengkonfirmasi magnitudo terbesar 5,7 terdeteksi pada pukul 15.32 WIT. Pusatnya berada di laut pada kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 1,10 derajat Lintang Selatan (LS) ; 127,38 derajat Bujur Timur (BT), atau berjarak 4 kilometer dari arah barat daya Laut Obi Utara, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Sementara diduga gempa dangkal itu dipicu akibat adanya aktivitas subduksi sesar aktif. Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Gempa ini dirasakan beberapa saat di Kota Labuha, Pulau Obi, dan sekitarnya, dengan skala intensitas III-IV MMI.

Baca juga: Gempa 5,3 magnitudo guncang Kabupaten Donggala
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: 13 gempa susulan guncang Halmahera Selatan hingga Senin sore

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE