Anggota DPD: Jaga Kerukunan Umat Hadapi Pemilu

id DPD,aida,ismeth,Jaga, Kerukunan, Umat,Pemilu,batam

Batam (Antara Kepri) - Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau, Aida Z Ismeth, mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama dalam menghadapi pesta demokrasi, Pemilu 2014.

"Walaupun sudah mau pemilu, tapi jangan sampai kerukunan umat beragama dalam berbangsa di tengah masyarakat yang sudah terjalin selama ini terganggu," kata dia di Batam, Senin.

Ia juga mengingatkan agar tidak ada pihak-pihak yang mengatasnamakan suku atau agama merusak ketenteraman kehidupan masyarakat di Batam dan daerah lain yang merupakan tujuan pendatang untuk mencari kerja.

"Harus toleran dengan lingkungan dan umat beragama lainnya. Pluralisme dihargai dan kerukunan antarumat beragama akan berjalan. Tidak boleh ada pihak yang memanfaatkan keberagaman untuk tujuan segelintir orang atau golongan saja," kata dia.

Aida meminta agar masyarakat diberi kebebasan dalam menentukan pilihan tanpa ada tekanan dari pihak manapun, supaya pesta demokrasi benar-benar memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kerukunan.

"Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya merupakan wilayah terdepan NKRI. Jangan sampai timbul konflik yang bisa memicu anggapan dari bansa lain bahwa Indonesia tidak kondusif," kata Aida.

Jika hal tersebut terjadi, kata dia, bukan hanya masyarakat Kepri saja yang rugi namun juga seluruh bangsa Indonesia.

"Kesatuan dan keamanan bangsa ini harus menjadi hal utama yang harus dijaga. Mari dijaga agar pemilu bisa berlangsung lancar dan damai, sehingga tidak ada yang dirugikan," kata dia.

Ia menilai, kesuksesan pesta demokrasi mulai 2014 akan membuktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan bersatu.

"Demokrasi merupakan proses yang harus dilalui untuk kemajuan bangsa ini. Jadi tidak boleh dikotori dengan kepentingan antargolongan yang akan menciderai kesatuan dan keutuhan bangsa," kata Aida. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE