CSA Lirik Lingga Sebab Lintasan Khatulistiwa Subur

id CSA,citra,sugi,aditia,Lirik,Lingga,Lintasan,Khatulistiwa,sawit,perkebunan,Subur

CSA Lirik Lingga Sebab Lintasan Khatulistiwa Subur

Pimpinan PT Citra Sugi Abadi menggelar pertemuan dengan masyarakat terkait rencana penanaman sawit sistem inti plasma. (antarakepri.com/Ardhi)

Tanah yang dilalui garis khatulistiwa itu selalu lebih subur. Lihat saja tanaman, ternak dan hutan yang ada di Lingga, semua subur
Lingga (Antara Kepri) - Tri Supritoyo (Toyo), pemilik perkebunan sawit PT Citra Sugi Aditia (CSA) menyebutkan, tanah yang dilewati garis khatulistiwa seperti Lingga, sudah pasti subur dan sangat layak bagi usaha pertanian.

"Tanah yang dilalui garis khatulistiwa itu selalu lebih subur. Lihat saja tanaman, ternak dan hutan yang ada di Lingga, semua subur," kata dia.

Dia mengatakan, khusus tanaman sawit, akan sangat baik jika ditanam di lahan tropis yang dilintasi garis khatulistiwa. Karena wilayah yang dilintasi khatulistiwa memiliki sinar dan suhu matahari yang baik serta curah hujan yang cukup, sehingga tumbuhan atau hutan akan tumbuh dengan subur.

Selain itu, berdasarkan penerapan ilmu tentang geografis, daerah yang letaknya di 0 sampai 11 derajat ke utara dan selatan dari garis equator itu, memiliki hutan hujan tropis atau hutan yang hijau sepanjang tahun.

Karena alasan itu pula, yang membuat dirinya yakin dan sangat tertarik membangun usaha perkebunan sawit di Pulau Lingga.

"Sudah 14 tahun saya mengurus izin pelepasan kawasan hutan ke Menhut, itu sebelum Lingga mekar jadi kabupaten sendiri. Baru tahun ini CSA mendapat izinnya," terang Toyo.

Sementara itu, terkait kekeringan di Lingga akhir-akhir ini, yang menjadi kekhawatiran masyarakat, terlebih dengan tanaman sawit yang kebutuhan airnya cukup besar, menurut Toyo kebutuhan air masyarakat dapat diakomodir dengan memperbanyak sumber air.

"Lingga ini airnya banyak. Hanya tidak terkelola dengan baik, sehingga terbuang begitu saja. Untuk itu kita akan bangun banyak sumber air kedepan, agar masyarakat tak lagi kesulitan air," kata dia.

Dia berharap, usaha perkebunan sawit itu dapat menguntungkan semua pihak, khususnya perusahaan dan masyarakat sekitar perkebunan tersebut. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE