BP Batam terinspirasi pembangunan pelabuhan Terusan Suez

id BP Batam,terusan suez,pelabuhan,mesir

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo bersama rombongan melihat Terusan Suez yang baru selesai dibangun pada 2016 lalu. (foto: Humas BP Batam)

BADAN Pengusahaan (BP) Batam terinspirasi pembangunan pelabuhan di Suez Canal Authority (SCA), Mesir dan akan menjadi salah satu contoh untuk pembangunan pelabuhan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Jenderal Angkatan Laut Mesir, Ahmed Aribi menjelaskan dalam waktu satu tahun Terusan Suez kedua dengan panjang 72 kilometer paralel dengan Terusan Suez pertama menghubungkan Asia dan Afrika yang kini menjadi permata baru di timur tengah.

Sementara itu Kepala BP Batam, Lukita sangat terinspirasi untuk menerapkan pembangunan serupa di Kota Batam.

Pada kunjungannya di Mesir, Lukita dan rombongan juga mengunjungi wilayah perikanan seluasnya 7.500 hektare dan mampu menghasikan kebutuhan bagi masyarakatnya yang berjumlah 100 juta penduduk.

Perwakilan pengusaha Kota Batam, Hendra Asman, menyampaikan salah poin penting yang harus segera ditangkap BP Batam adalah terbukanya peluang kerjasama ekspor impor, terutama di bidang perikanan.

Kawasan Suez Canal Special Economic Zone seluas 460.6 kilometer persegi terdiri dari enam pelabuhan dan empat kawasan industri.

Saat ini telah terdapat 68 perusahaan nasional dan multinasional yang beroperasi di daerah tersebut.

Pada kesempatan ini, Kepal BP Batam dan rombongan melihat Terusan Suez kedua yang selesai dibangun pada 2016.

Pembangunan Terusan Suez tersebut atas swadaya masyarakat Mesir untuk menggenjot perekonomian mereka dengan membeli saham publik.
 
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo bersama Wakil Kepala GAFI, Mohammed Abdul Wahab membicarakan proses perizinan di Kota Batam, Indonesia dan Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)
 
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo (tiga dari kiri) beserta rombongan berfoto bersama di Pelabuhan Terusan Suez di Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mendengarkan penjelasan mengenai pengembangan pembangunan industri di Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)
 
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo memberikan penjelasan mengenai industri-industri dan fasilitas FTZ di Kota Batam dalam Business Forum yang digelar di Kedutaan Besar Indonesia di Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)
 
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo bersalam dengan Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy. (foto: Humas BP Batam)
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo (kiri) berbincang-bincang dengan para pengusaha di Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)
 
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo dan rombongan mendengarkan penjelasan mengenai perkembangan industri di Kairo, Mesir. (foto: Humas BP Batam)

 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar