171 penerbang pesawat tempur dilatih di Batam

id Paracailing, pesawat tempur, Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI Khairil Lubis

171 penerbang pesawat tempur dilatih di Batam

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyambut Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI Khairil Lubis setibanya di Batam Kepulauan Riau, Jumat (1-11-2019). ANTARA/HO-Humas Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Komando Operasi TNI AU (Koopsau I) menggelar latihan parasailing bagi 171 orang penerbang pesawat tempur di Kota Batam Kepulauan Riau, Jumat hingga 3 November 2019.

Latihan dibuka Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI Khairil Lubis melalui upacara Parasailing Koopsau Tahun Anggaran 2019 dan dihadiri Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Bandara International Hang Nadim, Jumat.

"Latihan ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman praktis bagi penerbang tempur di jajaran Koopsau I," kata Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI Khairil Lubis.

Dalam setiap menjalankan tugas, baik operasi maupun latihan, para penerbang kemungkinan menghadapi situasi darurat yang mengharuskannya menguasai teknik-teknik penyelamatan diri.

"Praktik dilakukan dengan memanfaatkan sarana Paracailing. Salah satunya bagaimana melakukan teknik pendaratan di air. Simulasi kondisi emergency yang harus dihadapi pelaku tempur apabila pesawat mengalami kondisi fatal tertembak, misalnya, dan harus melakukan penyelamatan melalui kursi lontar," katanya.

Ia berharap pelatihan itu dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan teknik, dan mental penerbang pesawat tempur.

"Kemampuan escape atau eject merupakan suatu keharusan bagi penerbang tempur. Latihan sudah sering dilaksanakan, diharapkan ada capaian yang mengarah pada penguatan kemampuan para penerbang tempur," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengapresiasi Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Pertama TNI M. Khairil Lubis yang memilih Batam sebagai tempat dilaksanakannya pelatihan.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita karena sudah memilih Batam sebagai tempat latihan. Semoga latihan berjalan dengan lancar dan apa yang menjadi tujuan akhir dapat dicapai secara maksimal oleh para penerbang hebat yang dimiliki republik ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar