Festival Film Cannes dibatalkan bila kasus COVID-19 meningkat

id Festival film Cannes, Cannes film festival, corona, virus corona, covid-19

Festival Film Cannes dibatalkan bila kasus COVID-19 meningkat

59th Annual International Film Festival de Cannes. (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Festival Film Cannes, Pierre Lescure, mengatakan nasib festival tahun ini masih belum pasti dan bisa saja dibatalkan menyusul pandemik virus corona (COVID-19) di dunia, termasuk Eropa.

"Kami tetap optimistis dengan harapan bahwa puncak (COVID-19) akan tercapai pada akhir Maret dan bahwa situasi akan sedikit membaik pada April," kata Lescure, dikutip dari The Hollywood Reporter, Sabtu.
 

"Tapi kami tidak menutup kemungkinan, jika situasinya tidak membaik, kami akan membatalkan (Festival Film Cannes 2020)," ujarnya menambahkan.

Ada spekulasi selama berminggu-minggu bahwa Cannes dapat ditunda atau dihentikan di tengah meningkatnya penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, di seluruh Eropa.

Perancis pada hari Minggu (8/3) memperkenalkan langkah-langkah baru yang melarang pertemuan lebih dari 1.000 orang dalam upaya memperlambat penyebaran virus.

Pada hari Rabu (11/3), Series Media, sebuah festival televisi di Lille yang dijadwalkan akan dimulai pada 20 Maret, juga dibatalkan.

Panitia Cannes sejauh ini berusaha meredakan kekhawatiran, mengatakan mereka melanjutkan sesuai rencana dan akan mengungkap susunan mereka pada 16 April sesuai jadwal dan memulai festival pada 12 Mei.

Perancis sekarang memiliki 1.784 kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi hingga saat ini dengan total 33 korban jiwa.

Hal ini menjadikannya negara dengan dampak terburuk kedua di Eropa setelah Italia.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE