Liga Premier batalkan kontrak hak siar dengan televisi China PPTV

id Liga Inggris,Hak siar Liga Inggris,PPTV China

Liga Premier batalkan kontrak hak siar dengan televisi China  PPTV

Gelandang Arsenal Mesut Ozil pernah memicu stasiun televisi China CCTV meniadakan laga Arsenal karena pemain ini mengkritik China dalam soal Uighur di Xinjiang. Liga Premier pada Kamis mengumumkan telah membatalkan hak siar televisi yang besar sekali dengan stasiun televisi China PPTV setelah muncul sengketa menyangkut pembayaran yang tak dibayarkan pihak China.(AFP/YURI KADOBNOV)

Jakarta (ANTARA) - Liga Premier pada Kamis mengumumkan telah membatalkan hak siar televisi yang sangat besar dengan stasiun televisi China PPTV setelah muncul sengketa menyangkut pembayaran yang tidak dibayarkan pihak China.

PPTV sudah menyepakati kontrak senilai 700 dolar AS (Rp10,3 triliun) untuk hak siar seluruh dari 380 pertandingan Liga Premier per musim mulai 2019 sampai 2022.

Namun demikian, musim pertama dalam kesepakatan itu diterpa pandemi virus corona dengan berhentinya kompetisi selama tiga bulan dari Maret sampai Juni sebelum dilanjutkan di stadion tertutup.

PPTV kabarnya tidak membayar 160 juta pound (Rp3,13 triliun) yang semestinya dikeluarkan Maret untuk siaran musim 2019/2020.

"Liga Premier memastikan bahwa sejak hari ini telah memutuskan kesepakatan penyiaran Liga Premier di China beserta lisensinya di wilayah itu," kata Liga Premier dalam pernyataannya seperti dikutip AFP, Kamis.

Musim kompetisi Liga Premier 2019/2020 juga ditandai dengan ketegangan politik di China.

Pada Desember, stasiun televisi negara China CCTV meniadakan siaran pertandingan Arsenal dan Manchester City dari programnya setelah gelandang The Gunners Mesut Ozil mengungkapkan dukungannya kepada warga muslim Uighur di Xinjiang.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE