Kasal Buka Puasa Bersama Masyarakat Pulau Penyengat

id Kasal,Buka,Puasa,Bersama,Masyarakat,tanjungpinang,kepri,Pulau,Penyengat,tni,al

Kasal Buka Puasa Bersama Masyarakat Pulau Penyengat

Kasal Laksamana TNI Dr Marsetio saat berbuka puasa di Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Jumat (17/7). (antarakepri.com)

Batam (Antara Kepri) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Marsetio beserta Ketua Umum Jalasenastri Ny Penny Marsetio berbuka puasa bersama masyarakat Pulau Penyengat di Masjid Raya Penyengat, Kepulauan Riau, Kamis (17/7) malam.

Kasubdispenum Dispenal Kolonel Laut (P) Suradi Agung Slamet kepada Antara di Surabaya, Jumat, melaporkan Kasal beserta Ny Penny Marsetio dalam acara itu membagikan bingkisan kepada puluhan anak asuhan dari yayasan Masjid Raya Penyengat serta pengurus masjid.

Acara buka puasa tersebut diikuti Komandan Lantamal lV Laksma TNI Agus Heryana, Komandan Lantamal V Brigjen TNI Mar Rudy Andi Hamzah, Kabagset Smin Kasal Letkol Laut (KH) Ali Ridlo, S.H., M.M., Kabag Bungkol Kasal Letkol Laut (E) Lilik Asmoro, dan sejumlah Pengurus Jalasenastri.

Setelah berbuka puasa, Kasal beserta seluruh undangan memasuki masjid tersebut untuk melaksanakan Shalat Magrib berjamaah, lalu pulang untuk melaksanakan ibadah Shalat Isya dan Tarawih bersama masyarakat Tanjungpinang di Masjid Lantamal lV Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Untuk mencapai pulau itu, Kasal beserta Ketua Umum Jalasenastri dan seluruh rombongan harus terlebih dahulu menyeberangi laut dari Tanjung Pinang dengan menggunakan kapal-kapal kecil yang kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan becak motor.

Pada siang harinya, Kasal meresmikan penggunaan Masjid Al Barkah, Kompleks Batalyon Infanteri-10, Korps Marinir TNI Angkatan Laut, Setoko, Batam, Kepulauan Riau, dengan memberikan bantuan ratusan Quran kepada jamaah masjid itu.

Setelah penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung nama masjid itu, Kasal memasuki masjid tersebut untuk melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur pada bangunan yang berlatarbelakang lautan luas dan bersebelahan dengan Batalyon tersebut.

Masjid seluas 484 meter persegi itu memiliki dua buah menara  setinggi 17 meter dan mampu menampung 500 jamaah yakni ruang utama masjid 200 personel dan serambi masjid yang berkapasitas 300 jamaah.

Pada bagian dalam masjid, di sekeliling tembok dihiasi dengan tulisan "Asmaul Chusna" berwarna-warni, sehingga menambah suasana ketenangan hati dalam melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

"Saya berharap Masjid Al Barkah ini dapat memberikan banyak manfaat, karena selain sebagai fasilitas ibadah bagi prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang berdinas di Yonif 10 Setoko, masjid ini juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar," ujar Kasal.

Acara peresmian masjid itu dihadiri Asrena Kasal Laksda TNI Agung Pramono, Panglima Armada Barat Laksda TNI Ary Atmaja, Kadismatal Laksma TNI Bambang Naryono, Dan Lantamal IV Laksma TNI Agus Heryana, Dan Lantamal V Brigjen TNI Mar Rudy Andi Hamzah, dan Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE