Kemenag minta PPIH beri layanan prioritas pada calon haji lansia

id Kepri,batam ,haji,lansia ,layanan haji

Kemenag minta PPIH beri layanan prioritas pada calon haji lansia

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag RI Arsad Hidayat dalam pelantikan PPIH Embarkasi Batam(ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag RI Arsad Hidayat meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Kepulauan Riau agar memberikan pelayanan prioritas kepada calon jamaah haji (CJH) lansia (lanjut usia).

Terkait hal tersebut, ia juga meminta agar seremonial pelepasan keberangkatan calon jamaah haji Indonesia tidak berlangsung lama dan dibatasi maksimal 30 menit.



"Berkaitan dengan prosesi keberangkatan, seremonial kita batasi 30 menit. Sambutan pun dua orang saja. Tahun ini tagline haji masih sama yaitu Haji Ramah Lansia. Ini merupakan tahun kedua pemerintah dalam menyiarkan Haji Ramah Lansia," kata Arsad di Batam, Kamis.

Ia menyebutkan, penerapan Haji Ramah Lansia diimplementasikan dalam seluruh layanan untuk jamaah haji, mulai dari keberangkatan di tanah air hingga layanan puncak haji untuk lansia.

"Kita ingin memberikan waktu seluas-luasnya bagi para lansia untuk istirahat. Bahkan kalau mereka tidak mampu, ya mending istirahat saja. Saat nanti kalau mau berangkat, mereka prioritas masuk ke kendaraan. Termasuk pemberian paspor, living cost, konsumsi dan lainnya," ujar dia.



Kata Arsad, pada tahun 2023, juga terdapat ada safari wukuf jamaah lansia yang hanya untuk jamaah yang sedang sakit.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan terdapat 3 hal yang menjadi pesan penting bagi PPIH, yaitu memberikan pembinaan yang menitikberatkan kepada pengembang dan pengetahuan jamaah sehingga para jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan sempurna.

"Kemudian berikan pelayanan prima, mulai dari administrasi di tanah air sampai pelayanan kesehatan di tanah suci. Dan berikan perlindungan kepada jamaah haji, yang sudah diatur dalam perundang-undangan," ujar Ansar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag minta PPIH berikan layanan prioritas pada calon haji lansia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE