Pebalap sepeda Denmark Jonas Vingegaard juarai Tour de France 2022

id Tour de France 2022,Jonas Vingegaard,Tadej Pogacar

Pebalap sepeda Denmark Jonas Vingegaard juarai Tour de France 2022

Pebalap sepeda tim Jumbo-Visma dari Denmark, Jonas Vingegaard, melakukan selebrasi di podium setelah menjadi pemimpin klasemen umum jersey kuning untuk menjuarai Tour de France edisi ke-109 setelah menuntaskan etape ke-21 yang berjarak 115,6 km dari La Defense ke Champs-Elysees di Paris pada 24 Juli 2022. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Denmark Jonas Vingegaard menjuarai Tour de France 2022, Ahad, setelah melewati lomba selama tiga pekan yang melelahkan dan pertarungan tanpa henti total sejauh 3.350 km.

Jonas Vingegaard, bekas penjual ikan di pasar yang berusia 25 tahun itu merebut gelar juara Tour de France pertamanya, setahun setelah tampil luar biasa untuk membuntuti Pogacar pada urutan kedua edisi Tour 2021.

"Kemenangan ini sangat besar bagi saya, sungguh hebat," kata Vingegaard saat berdiri di atas podium di Champs Elysees.

Vingegaard juga menyanjung rekan setimnya Wout van Aert sebagai "fenomenal" dan "pebalap sepeda terbaik di dunia" setelah dia didampingi Pogacar pada posisi kedua dan juara edisi 2018 Geraint Thomas pada urutan ketiga.

Warga Denmark yang memenuhi depan depan podium mengelukan namanya ketika dia mengucapkan terima kasih kepada "dua gadis belahan hati saya" yang merujuk kepada pasangannya dan putri mereka.

"Tanpa mereka, saya tidak bisa melakukan ini."

Vingegaard selamat dari "serangan jantung" yang membuatnya nyaris terjatuh dalam etape individual time trial Sabtu untuk di atas kertas menjuarai Tour de France.

Dia dan Pogacar bertarung ketat satu sama lain dari awal sampai akhir lomba. Mereka adalah dua pebalap yang jago memacu di ketinggian pegunungan.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jonas Vingegaard juara Tour de France 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE