Polri kerahkan 16 anjing K-9 cari korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor

id Gempa cianjur, mabes polri, anjing k-9, desa cijendil, polda jawa barat, perintis baharkam polri

Polri kerahkan 16 anjing K-9 cari korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor

Anjing K-9 Pol Satwa Polda Jawa Barat dikerahkan mencari korbab tertimbun longsor akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). ANTARA/Laily Rahmawaty

Cianjur (ANTARA) - Polri mengerahkan 16 ekor anjing K-9 dari Pol Satwa Polda Jawa Barat guna membantu pencarian korban gempa Cianjur, yang tertimbun longsor di Kampung Cugenang, Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang, Kamis.

Menurut Kanitpol Satwa Polda Jawa Barat Iptu Novian Yuga K-9 telah diturunkan sejak Senin (21/11) ke Cianjur dan mulai turun bertugas Selasa (22/11).

"Kami sudah turun di sejumlah lokasi, di Desa Cijendil ini sudah dua hari kami mencari," ucap Novian.

Ia menyebutkan, pada pencarian hari pertama anjing K-9 berhasil membantu menemukan titik korban di Kampung Cugenang.

Titik-titik yang terendus diberi tanda untuk selanjutnya oleh tim SAR dilakukan penggalian menggunakan alat manual, cangkul, sekop, linggis dan sinso.

"Hari Selasa ketemu satu jenazah, Rabu juga satu jenazah," ujarnya.
Anjing K-9 Pol Satwa Polda Jawa Barat dikerahkan mencari korbab tertimbun longsor akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). ANTARA/Laily Rahmawaty


Di lokasi pencarian ini cukup parah, setelah diguncang gempa terjadi tanah longsor. Sekitar 60 rumah warga yang ambruk tertimbun material tanah tebing. Perkampungan tersebut berada di tebing di bawahnya terdapat jalan desa dan aliran sungai.

Dalam melakukan pencarian, anjing K-9 telah dilatih untuk mencium jenazah manusia. Latihan menggunakan daging sintetis.

Saat menemukan diduga jenazah, anjing K-9 akan memberikan sinyal bermacam-macam sesuai metode latihannya.

"Ada yang reaksinya menggaruk-garuk tanah, ada yang ekor nya goyang-goyang dan ada yang menggonggong," kata Novian.

Sementara itu, Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian di hari keempat terhadap korban yang dilaporkan masih hilang sebanyak 40 orang pada kejadian gempa di Kabupaten Cianjur.

"Tim SAR Gabungan telah melaksanakan briefing kekuatan personil, SOP dan petunjuk kerja di Posko SAR Gabungan yang terletak di Desa Cijedil," kata Jumaril di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis.
 
Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril, lebih lanjut mengatakan di hari keempat rencana pencarian dibagi ke dalam dua lokasi, yakni Desa Cijedil dan kawasan sekitar Warung Sate Sinta yang keduanya berada di Kecamatan Cugenang.
 
Menurutnya upaya pencarian di Desa Cijedil di bagi ke dalam dua sif. Sif pertama dilakukan oleh 147 personel plus empat personel life detector, kemudian sif kedua dilakukan oleh 149 personel plus empat anjing pelacak.

Sedangkan di kawasan Warung Sate Sinta, menurutnya upaya pencarian juga dibagi ke dalam dua sif. Adapun sif pertama dilakukan oleh 153 personel plus lima anjing pelacak dan sif kedua dilakukan oleh 157 personel plus empat personel life detector.
 
Selain itu, menurutnya ada sebanyak 264 personel yang disebar ke 12 kecamatan untuk menyisir dan memastikan tidak ada korban lainnya yang perlu dievakuasi.
 
"Jika korban ditemukan akan di evakuasi ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans dari pihak desa," kata dia.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polri kerahkan 16 anjing K-9 cari korban gempa Cianjur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE