Dinas Damkar Natuna tangani tiga kebakaran lahan dalam dua hari

id Natuna, kepri, kebakaran hutan

Dinas Damkar Natuna tangani tiga kebakaran lahan dalam dua hari

Kebakaran lahan di Semala, Natuna, Kepri, Senin (16/1/2023). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, telah terjadi kebakaran lahan di tiga titik yang berbeda selama dua hari terakhir di Pulau Natuna besar.

"Selama dua hari, sejak Ahad (15/1) hingga hari ini kita terima laporan tiga titik kebakaran lahan," kata Kepala Bidang Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Romi Heri Abdi di Natuna, Senin.

Ia mengatakan tiga titik tersebut terjadi di Bunguran Selatan, Bunguran Utara dan Bunguran Timur Laut, ketiganya merupakan lahan kosong milik warga setempat.

"Indikasi awal kita perkirakan ini sengaja dibakar untuk membuka lahan, cara buka lahan paling gampang, ya, dibakar," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan karena akan mengakibatkan polusi udara serta dapat membahayakan keselamatan orang lain.

"Seperti yang disampaikan kepala dinas kemarin saat terjadi kebakaran di daerah Cemaga, hari ini terjadi lagi di daerah Sujung, saat ini petugas menuju ke sana untuk memadamkan api, informasinya api telah mendekat ke rumah warga," katanya.

Sementara untuk kebakaran di wilayah Kelarik, Bunguran Utara yang terjadi hari ini para petugas masih melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan setempat.

"Kita telah hubungi camat dan babinsa, sementara masih menunggu laporan hasil pantauan di lapangan, informasi terakhir api sudah mulai padam," katanya menjelaskan.

Ia juga mengatakan, untuk memastikan perkembangan titik api dilokasi telah dikerahkan petugas di bawah koordinasi Kepala Seksi Operasi.

"Perkembangan terkini, nanti bisa hubungi Kasiops, Pak Trendy, beliau yang memantau di lapangan," ujarnya.

Sementara, untuk luas kebakaran dan dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran di tiga titik tersebut masih dilakukan pemetaan oleh petugas dengan melakukan investigasi.

"Nanti tim investigasi turun untuk melihat kondisi lapangan," katanya.

Untuk diketahui, jarak lokasi kebakaran di wilayah Bunguran Utara dengan Markas Pemadam Kebakaran kurang lebih 90 kilo meter dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE