Helikopter Baharkam Polri bawa makanan untuk penumpang helikopter jatuh

id Jambi, Polda Jambi, Kapolda Jambi, mapolda Jambi, helikopter Kapolda jambi, helikopter jatuh,humas polda jambi

Helikopter Baharkam Polri bawa makanan untuk penumpang helikopter jatuh

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto di Jambi, Minggu (19/2/2023). (ANTARA/Tuyani)

Jambi (ANTARA) - Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan tambahan bantuan satu helikopter dari Korpolairud Baharkam Polri akan membawa bantuan makanan dan peralatan evakuasi untuk korban helikopter yang jatuh di Kerinci.

Korpolairud Baharkam Polri memberikan bantuan satu unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi helikopter jatuh berpenumpang Kapolda Jambi dan rombongan.

Helikopter ini diperkirakan tiba di Jambi pada Senin (20/2) sekira pukul 08.30 WIB.

Saat ini sudah terdapat satu helikopter dari Sumsel dan dari perusahaan swasta di Jambi untuk proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan.

"Besok pagi helikopternya sampai Jambi dan akan langsung menuju lokasi," kata dia.

Baca juga:
Evakuasi penumpang helikopter jatuh dilanjutkan lewat jalur udara pagi ini

Dua helikopter diturunkan bantu evakuasi Kapolda Jambi


Terkait evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan, ia mengatakan belum diketahui apakah penumpang nantinya dibawa ke rumah sakit terdekat di Kerinci atau Merangin. Namun jika memungkinkan akan dibawa ke rumah sakit di Jambi.

Dalam helikopter jatuh tersebut terdapat delapan orang. Lima penumpang rombongan Polda Jambi dan tiga kru helikopter.

Lima penumpang dari rombongan Polda Jambi yakni Kapolda Jambi, Dirreskrimum Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Korpspripim Polda Jambi, ADC Kapolda Jambi.

Sementara itu, Personel Basarnas Jambi menggunakan sepeda motor trail dari Ahad sore hingga malam untuk menjangkau lokasi helikopter jatuh yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan tujuh orang lainnya.

“Saat ini dari Basarnas Jambi telah menerjunkan 11 personel menuju lokasi kejadian, dengan rincian delapan personel Rescue Pos SAR Kerinci melalui darat menggunakan rescue truck dan motor trail," kata Kepala Basarnas Jambi Kornelis.

Basarnas Jambi berupaya membantu mengevakuasi korban kecelakaan helikopter Polairud Polda Jambi di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci.

Baca juga:
Gubernur minta masyarakat doakan agar Kapolda Jambi bisa dievakuasi

Kapolda Jambi selamat tapi terluka



Korban yang dilaporkan semuanya dalam keadaan selamat namun mengalami luka-luka atas pendaratan darurat di kawasan perbukitan Kerinci.

Selain menerjunkan tim darat, Basarnas juga menerjunkan tim udara menggunakan helikopter milik SinarMas dengan estimasi sampai di sekitar lokasi kejadian yaitu 40-45 menit.

Lantaran memasuki malam hari, tim udara harus menghentikan kegiatannya sehingga bersiaga di kawasan Sungai Penuh untuk melanjutkan kegiatan evakuasi pada Senin (20/2).

Sementara itu persoel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kerinci pasca kejadian helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi langsung menuju lokasi kecelakaan.

Kepala BPBD Kerinci Dedy mengatakan timnya kesulitan menjangkau lokasi karena jauh dari pemukiman warga.

"Sekarang personel sudah menuju ke lokasi, anggota kita juga sudah turun ke lokasi untuk melakukan pencarian, di sana sinyal sulit, karena jauh sekali dari pemukiman," kata Dedy.


Baca juga:
TPA di Natuna telah kelebihan kapasitas

Kepri targetkan 1,2 juta kunjungan wisman pada 2023

Pemprov Kepri serahkan bantuan alat tangkap ikan di Natuna

Kunjungan wisman ke Batam capai 565.936 orang selama 2022




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korpolairud Baharkam Polri beri bantuan helikopter untuk evakuasi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE