Jelang Ramadhan 1444 H, pasokan ikan di Batam mencukupi kebutuhan masyarakat

id Kepri,batam,ikan ,ramadhan ,dinas,perikanan

Jelang Ramadhan 1444 H, pasokan ikan di Batam mencukupi kebutuhan masyarakat

Tim Satgas Pangan Kepri saat meninjau gudang ikan PT. Hasil Laut Sejati di Kota Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Kepulauan Riau, Ridwan Afandi di Batam, Selasa (7/3/2023), menyebutkan pasokan ikan di daerah setempat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadhan 1444 H.

Disampaikannya, kebutuhan ikan di daerah setempat mencapai 18.000 ton per tahun.

Adapun beberapa ikan yang dikonsumsi oleh masyarakat Kota Batam di antaranya ikan benggol, ikan selar, ikan tongkol, hingga ikan mata besar.

"Stok cukup. Harapan kami supaya menjamin ketersediaan ikan di Batam, tidak ada kenaikan harga jelang Ramadhan khususnya ikan," ujar Ridwan.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan di gudang ikan PT. Hasil Laut Sejati, Anggota Tim Satgas Pangan Kepri Kombes Pol Nasriadi mengatakan pihak perusahaan juga mendatangkan ikan dari Pulau Jawa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Batam.

Ia juga meminta kepada pihak perusahaan agar dapat mengutamakan pendistribusian ikan kepada masyarakat di Kota Batam.

"Untuk memenuhi kebutuhan ikan di Batam, maka perusahaan ini mendatangkan ikan itu dari Jawa, kemudian di stok lalu dipasarkan di Batam. Hasil pengecekan kita di dalam, mereka hanya menjual pemasarannya di sekitar Batam, ada juga ke Riau, Jakarta dan Jawa. Jadi kita harapan stok yang ada di utamakan untuk masyarakat Batam dulu. Kalau sudah terpenuhi, baru boleh kirim ke luar Batam," kata dia.

Adapun ikan didatangkan dari Juwana Pati, Jawa Tengah.

"Kiriman dari Jawa seminggu lalu karena stok ikan kembung sudah menipis, sekitar 13-14 ton. Itu dari Jawa, Juwana Pati Jawa Tengah," ujar Kombes Pol Nasriadi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE