Ajarkan anak tentang Ramadhan dengan sering mengunjungi masjid

id Ramadhan, ramadhan 2023, puasa,Parenting ,Belajar puasa

Ajarkan anak tentang Ramadhan dengan sering mengunjungi masjid

Ilustrasi (Pexel)

Jakarta (ANTARA) -
Berbagai cara bisa dilakukan oleh orang tua muslim untuk mengajarkan makna dan beribadah saat Ramadhan kepada buah hatinya. Menurut psikolog Tika Bisono salah satunya dengan sering membawa anak-anak ke masjid.
 
"Nggak apa-apa mereka sambil bermain di masjid sekaligus mengenalkan Ramadan kepada anak-anak," ucapnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (16/3/2023).
 
Dijelaskannya, saat melakukan kunjungan ke mesjid, anak-anak bisa diajarkan soal etika dalam mengunjungi masjid, seperti tidak memukul bedug karena bisa mengganggu konsentrasi jemaah masjid.
 
Jika anak memiliki pertanyaan seputar puasa, Tika mengatakan untuk tidak memberikan jawaban yang terlalu berat pada sisi agama. Orang tua bisa memberikan pemahaman bahwa menjalankan ibadah puasa termasuk dalam perbuatan baik dan akan mendapat ganjaran pahala berupa rezeki untuk anak dengan bahasa yang mudah dipahami.

Baca juga: Film "Buya Hamka" dirilis Ramadhan 1444 H
 
"Terus sedekah, karena ini Ramadan jadi ladang pahala," jelasnya.
 
Selain itu, para orang tua bisa mengajarkan anak untuk berpuasa dengan suasana menyenangkan dan menceritakan kisah nabi yang sesuai dengan umurnya. Termasuk memberikan apresiasi setiap usaha anak yang berpuasa.
 
"Dibuat jadi kayak game yang dapat sekian hari, hadiahnya ini, jangan 15 atau 30 hari, mulai dari 5 hari 6 hari, namanya juga anak-anak, angkanya jangan angka dewasa harus angka anak-anak," kata Tika.
 
 
 


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ajarkan anak tentang Ramadhan dengan sering main ke masjid

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE