PUPR targetkan Tol Tebing Tinggi - Serbelawan diresmikan Juli

id PUPR,Tebing Tinggi--Serbelawan ,Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat,sumatera utara

PUPR targetkan Tol Tebing Tinggi - Serbelawan diresmikan Juli

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja (kedua kanan) saat meninjau Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat, Sumatera Utara, Minggu (28/5/2023). (ANTARA/HO-Kementerian PUPR)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian PUPR menargetkan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, khususnya seksi Tebing Tinggi - Serbelawan, Sumatera Utara, dapat diresmikan dan dimanfaatkan masyarakat pada Juli 2023.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dalam keterangan melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Minggu mengatakan, ruas tol Tebing Tinggi-Indrapura-Kisaran dan ruas tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Tebing Tinggi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung sehingga dapat mendukung pengembangan kawasan industri dan wisata di Sumatera Utara.

“Tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran adalah bagian dari backbone jalan logistik, jalan utama di samping jalan-jalan lintas Trans Sumatra yang sudah kita bangun sebelumnya. Jadi selain kita membangun jalan backbone sebagai jalan logistik, kita juga bangun feedernya. Feeder pertama dari Indrapura ke Kuala Tanjung, feeder kedua dari Tebing Tinggi ke arah pariwisata Parapat,” kata Endra saat meninjau Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat.

Kehadiran jalan tol sepanjang total 143,25 km ini akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara serta mempermudah akses wisatawan, khususnya dari Kota Medan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Pembangunan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat terbagi menjadi 6 seksi dengan nilai investasi Rp13,4 triliun. Seksi 1-4 dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT Waskita Karya untuk seksi 2 dan 3, sementara PT Hutama Karya untuk seksi 1 dan 4. Sedangkan untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Progres pembangunan Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km saat ini sudah selesai 100 persen, Seksi 2 Indrapura - Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km mencapai 87,2 persen, Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 km sudah 79,3 persen, dan Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km telah mencapai 63,7 persen.

Sementara Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

 



 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PUPR targetkan Tol Tebing Tinggi-Serbelawan dapat diresmikan Juli 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE