Pemkot Batam tingkatkan pemahaman literasi digital masyarakat

id Kepri,batam,literasi digital,teknologi

Pemkot Batam tingkatkan pemahaman literasi digital masyarakat

Pemkot Batam tingkatkan pemahaman literasi digital pada masyarakat (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau meningkatkan pemahaman literasi digital kepada masyarakat di daerah tersebut melalui Pelatihan Literasi Digital 2023.

Kepala Diskominfo Kota Batam Rudi Panjaitan di Batam, Rabu, mengatakan literasi digital diperlukan dalam penggunaan teknologi.

Ia menyampaikan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi.

"Karena itu melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat semakin bijak saat mendapatkan sebuah informasi di media sosial," kata Rudi.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan pelatihan literasi digital juga sejalan dengan Kota Batam yang dicanangkan sebagai kota cerdas (smart city), karena perkembangan teknologi yang tumbuh sangat pesat tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

"Untuk infrastruktur digital, Kota Batam salah satu yang yang memiliki infrastruktur lengkap. Karena itu sangat beruntung kita tinggal di Kota Batam," kata Muhammad Rudi.

Namun demikian pihaknya berharap agar masyarakat dapat bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi ini serta menghindari memberikan dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Karena kalau kita tak hati-hati, perkembangan teknologi dapat memberikan dampak negatif," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, ratusan anak muda dari berbagai komunitas di Kepulauan Riau mengikuti acara Gali Ilmu x Aksi Millenial Literasi Digital Kota Tanjungpinang 2023 yang diadakan Millenial Kepri bersama Kominfo RI di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Sabtu.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo RI Samuel Abrijani Pangerapan dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad turut ambil bagian dengan menjadi pembicara utama dalam kegiatan itu.

Samuel Abrijani Pangerapan mengingatkan peserta untuk meningkatkan kemampuan literasi digital, mengingat derasnya arus informasi yang masuk saat ini.

"Dengan derasnya Informasi yang masuk saat ini dari berbagai sumber, maka perlu adanya kemampuan literasi digital yang baik bagi setiap orang," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE