3.200 warga Palestina ditangkap tentara Israel sejak 7 Oktober 2023

id Tahanan Palestina,konflik Palestina Israel,Perang Gaza

3.200 warga Palestina ditangkap tentara Israel sejak 7 Oktober 2023

Arsip - Pasukan Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat. (Anadolu)

Ramallah (ANTARA) - Tentara Israel pada Ahad menangkap 20 warga Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat, sehingga jumlah total tahsejak 7 Oktober 2023 menjadi 3.200 orang, kata Palestinian Prisoners Club (PPC), organisasi non-pemerintah yang beranggotakan mantan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

“Pasukan pendudukan menangkap sedikitnya 20 warga Palestina, pada Sabtu-Minggu malam, dari kota-kota di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur,” kata PPC dalam pernyataan.

Tentara Israel setiap hari menyerbu desa dan kota di seluruh Tepi Barat yang dibarengi dengan aksi konfrontasi, penangkapan, penembakan, dan pengeboman gas terhadap warga Palestina.

Konfrontasi ini meningkat sebagai akibat serangan habis-habisan Israel ke Jalur Gaza sebagai aksi balasan terhadap serangan kelompok perlawanan Palestina Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Jeda kemanusiaan selama empat hari, yang dimediasi Qatar, mulai berlaku pada Jumat, sehingga serangan Israel di Jalur Gaza berhenti untuk sementara.

Dalam dua hari pertama jeda kemanusiaan, Israel dan Hamas menukar 41 warga Israel dan warga asing dengan 78 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Menurut perjanjian, para sandera dan tahanan dibebaskan secara bertahap selama empat hari.

Gelombang serangan Israel di Jalur Gaza menewaskan sedikitnya 14.854 warga Palestina, termasuk 6.150 anak-anak dan lebih dari 4.000 perempuan, menurut otoritas kesehatan di wilayah itu.

 Jumlah korban tewas di Israel mencapai 1.200 orang, demikian menurut otoritas Israel.

Sementara itu, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) pada Sabtu mengatakan bahwa 61 truk bantuan berisi makanan telah dikirim ke wilayah utara Jalur Gaza.

Pengiriman itu menjadi upaya paling signifikan sejak perang antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas meletus pada 7 Oktober 2023.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan para relawan dari organisasi bantuan Palestina akan mendistribusikan bantuan makanan itu, kata kepala urusan media PRCS Raed al-Nems.

Total bantuan yang telah melintasi gerbang penyeberangan perbatasan Rafah ke Jalur Gaza pada Sabtu mencapai sekitar 200 truk, yang membawa bahan bakar dan gas elpiji, kata dia.

Israel dan Hamas sepakat untuk melakukan jeda kemanusiaan selama empat hari yang dimulai pada Jumat (24/11).

Militer Israel menyatakan pasukannya akan melanjutkan serangan ke Jalur Gaza setelah jeda kemanusiaan berakhir.



Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PPC: 3.200 warga Palestina ditangkap Israel sejak 7 Oktober

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE