STY sebut kemenangan Timnas Indonesia karena kerja keras serta keberuntungan

id Indonesia lawan Vietnam,Timnas Indonesia,Indonesia menanga atas Vietnam,Kualifikasi Piala Dunia 2023,pelatih Timnas Indo

STY sebut kemenangan Timnas Indonesia karena kerja keras serta keberuntungan

Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangone (kiri) bersama rekan-rekan melakukan seleberasi usai membobol gawang dalam laga melawan Timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024). (ANTARA/HO-PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Shin Tae-yong (STY) mengatakan kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam dalam laga di Hanoi diraih berkat kerja keras dan keberuntungan.

"Kita bekerja keras semaksimal mungkin semuanya dan akhirnya mendapatkan keberuntungan untuk Indonesia," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan di Hanoi, Vietnam, seperti dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Selasa malam.

Ia mengatakan, pada konferensi pers sebelumnya, ia sempat menyampaikan Timnas Indonesia akan bertekad mematahkan rekor tidak pernah menang di kandang Vietnam selama hampir 20 tahun terakhir.

Tekad itu, lanjut pelatih asal Korea Selatan itu, telah terbukti dengan kemenangan telak squad Garuda atas The Golden Stars Wartiors.

Baca juga: Timnas Indonesia kokoh di posisi kedua kualifikasi Piala Dunia, setelah dua kali taklukkan Vietnam

"Jadi memang rekor kekalahan itu hari ini sudah dipecahkan," ujarnya.

STY mengatakan, pertandingan tersebut merupakan laga yang cukup sulit bagi Vietnam karena karena pada pertandingan sebelumnya saat bertandang di Jakarta juga menelan kekalahan 1-0.

Timnas Indonesia berhasil membungkam Timnas Vietnam 3-0 saat melakoni laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3) malam.

Ketiga gol masing-masing dicetak oleh Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta menit ke-90+8.

Kemenangan tersebut membawa Timnas Indonesia memperlebar peluang mereka untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, pemain anyar timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen menyebut kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa adalah berkat kerja keras semua penggawa Garuda.

Baca juga: Penyerang Timnas Vietnam siap beri kekalahan untuk Indonesia

Dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F itu, Ragnar (22’) mencatatkan namanya ke papan skor bersama Jay Idzes (9’) dan Ramadhan Sanantha (90+8’).

Ketika disinggung bagaimana perasaanya mendapatkan gol pertama di laga debutnya, seusai laga Ragnar mengaku “Saya senang berada di sini”.

Ia lalu menyebut kemenangan yang mengakhiri laga tanpa kemenangan melawan Vietnam di Hanoi selama hampir 20 tahun itu adalah berkat kerja keras seluruh penggawa tim dimana ia sebagai pemain baru sangat intens berkomunikasi dengan satu sama lain untuk membawa timnas Indonesia lebih kuat dari hari ke hari.

“Anda bisa melihat kami berkembang sebagai tim. Saya pikir komunikasi berjalan dengan baik di dalam tim, di antara pemain. Kami banyak berkomunikasi. Kami menuntut satu sama lain di level tertinggi dan saling membantu," kata Ragnar.

Baca juga: Menang lawan Vietnam, Indonesia naik ke peringkat dua klasemen Grup

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah yang pertama terjadi ketika mengalahkan tim yang sama, Vietnam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3) dengan skor 1-0.

“Hari ini adalah langkah bagus dan pertandingan terakhir kemarin juga tahapan bagus. Saya pikir kami bermain dengan baik saat ini,” ucap pemain klub Fortuna Sittard itu.

Baca juga: Sandy Walsh sebut Vietnam iri timnas Indonesia banyak yang bermain di Eropa

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: STY sebut kemenangan Indonesia karena kerja keras dan keberuntungan  

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE