Sembilan orang meninggal dalam kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek

id Kecelakaan, km 58, contraflow, mudik

Sembilan orang meninggal dalam kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek

Evakuasi korban kecelakaan di KM 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA/Ali Khumaini)

Karawang (ANTARA) - Sembilan orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas yang di jalur contraflow KM 58 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin.

"Kejadiannya terjadi di jalur contraflow," kata Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Senin.

Peristiwa kecelakaan tersebut melibatkan tiga kendaraan, yakni bus, Grand Max dan Daihatsu Terios. Dua kendaraan yakni Daihatsu Terios dan Gran Max hangus terbakar dalam peristiwa itu.

Ia menyampaikan, peristiwa kecelakaan maut itu terjadi pada Senin pagi saat diterapkan contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta-menuju Cikampek.

Baca juga: Gubernur Kepri imbau warga waspadai kebakaran rumah saat ditinggal mudik

Ketika itu, mobil Gran Max yang berada di jalur contraflow hendak menepi di bahu jalan, masuk ke jalur berlawanan yang mengarah ke Jakarta.

Kemudian sebuah bus dari arah Cikampek tak bisa menghindari kendaraan Gran Max itu, hingga akhirnya terjadi kebakaran hebat sampai mobil Gran Max itu terbakar. Kemudian kendaraan Terios menabrak bus dan Gran Max hingga mobil itu ikut terbakar.

Akibat kejadian itu, untuk sementara ini dapat dilaporkan sembilan orang meninggal dunia dan luka berat. Mereka kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Karawang. 

Sementara itu, penerapan lajur lawan arus atau “contraflow” di KM 48 sampai dengan KM 70 arah Cikampek, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, ditutup sementara atas diskresi Kepolisian, setelah kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan.

“Kecelakaan ini melibatkan 3 kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax (KR1), Daihatsu Terios (KR2), dan Bus Besar (KR3),” kata Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Amri Sanusi dalam pernyataan.

Baca juga: Empat unit pesawat airbus layani arus mudik Lebaran di Bandara Batam

Jasamarga Transjawa melaporkan telah terjadi kecelakaan di KM 58 + 600 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin, 8 April 2024 pukul 07.04 WIB. Setelah mendapatkan informasi, petugas segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan evakuasi.

Menurut Amri, Jasa Marga masih berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dalam melakukan penanganan dan evakuasi terkait kejadian tersebut.

Terpantau sampai dengan saat ini, kondisi lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek padat menjelang lokasi kejadian. Petugas terus berupaya melakukan proses normalisasi lajur.

PT Jasamarga Transjawa Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian ini, Pengguna jalan diimbau tetap berhati-hati, dan memastikan kondisi kendaraan layak jalan.

“Jika lelah dapat beristirahat di tempat yang telah disediakan,” ujar Amri.

Baca juga: Bandara Hang Nadim layani 132 penerbangan pada puncak arus mudik

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sembilan orang dilaporkan meninggal dalam kecelakaan di KM 58

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE