BNPB sebut sebanyak 272 keluarga dievakuasi akibat letusan Gunung Ruang

id Gunung Ruang, gunung meletus, sulawesi utara,Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, BNPB, Teropong Bencana,warga mengungsi,korban letusan gunung ruang,bnpb

BNPB sebut sebanyak 272 keluarga dievakuasi akibat letusan Gunung Ruang

Letusan Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024) (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 272 keluarga atau 828 jiwa warga Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara dievakuasi menggunakan kapal laut akibat letusan Gunung Ruang, Rabu pagi.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Rabu, mengatakan mereka dievakuasi ke tempat pengungsian di Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, Balai Pertemuan Umum (BPU) di Kecamatan Tagulandang.

"Warga yang ada di Desa Patologi dan Desa Pumpente dievakuasi ke Kecamatan Tagulandang dengan menggunakan dua unit kapal feri KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung ditambah dengan perahu penyeberangan milik warga," kata dia.

Dia mengatakan sejumlah rumah ibadah di wilayah Tagulandang Selatan dan Tagulandang Utara juga siap difungsikan sebagai tempat alternatif jika terjadi perluasan dampak erupsi Gunung Ruang.

Selain itu, petugas tim SAR gabungan siaga untuk menunjang proses evakuasi para warga bila terjadi perluasan dampak letusan gunung api tersebut.

"Pagi tadi bantuan tambahan dari Basarnas Manado sudah tiba di Tagulandang dengan KM BIMASENA yang kekuatan personel 20 terdiri dari ABK 15, rescuer lima orang," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro telah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari terhitung mulai 16-29 April 2024.

Baca juga: Pengungsi Gunung Ruang di Sulut butuh selimut

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 272 keluarga dievakuasi akibat letusan Gunung Ruang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE