Gunung Semeru erupsi disertai guguran lava pijar pada Ahad malam

id lava pijar semeru,semeru erupsi,erupsi disertai lava pijar

Gunung Semeru erupsi disertai guguran lava pijar pada Ahad malam

Gunung Semeru erupsi disertai lava pijar yang turun dari puncak mengarah ke Besuk Kobokan pada Minggu (9/6/2024) malam. (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi yang disertai guguran lava pijar yang terpantau dari CCTV Gunung Semeru pada Ahad malam.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Minggu (9/6)  pukul 20.39 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto dalam keterangan tertulisnya di Lumajang.

Menurut dia, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya. Saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Kemudian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali erupsi pada 21.44 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak dan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya.

Berdasarkan rekaman CCTV terlihat jelas adanya guguran lava pijar dari puncak Gunung Semeru turun ke arah Besuk Kobokan, sehingga masyarakat yang beraktifitas di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Besuk Kobokan agar selalu meningkatkan kewaspadaan yang tinggi terhadap potensi terjadinya awan panas yang bisa terjadi sewaktu waktu.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru erupsi disertai guguran lava pijar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE