Industri galangan kapal Batam mulai bangkit

id Galangan kapal

Industri galangan kapal Batam mulai bangkit

Ilustrasi (ANTARA News/ Sella Panduarsa G)

Namun Gubernur tidak merinci jumlah pesanan pembuatan dan perbaikan kapal yang tengah dikerjakan di Batam, sebagai tanda industri mulai bangkit.
Batam (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, mengatakan industri galangan kapal di Kota Batam mulai bangkit, ditandai dengan banyaknya proyek yang sedang dikerjakan.

"Industri maritim Batam mulai bangkit. Sudah banyak pesanan," kata Gubernur di Batam, Rabu.

Namun Gubernur tidak merinci jumlah pesanan pembuatan dan perbaikan kapal yang tengah dikerjakan di Batam, sebagai tanda industri mulai bangkit.

"Saya tidak tanya tadi. Tapi kalau kita lihat di sana sudah banyak pengerjaan kapal-kapal. Saya yakin di tempat lain di Batam juga," kata Gubernur.

Dengan bangkitnya industri maritim di Batam, ia optimistis ekonomi Batam akan tumbuh hingga tujuh persen tahun ini.

Apalagi, ekonomi Batam sudah mulai tumbuh sejak awal tahun. Pada semester I/2018 saja, mencapai sekitar lima persen, setelah terpuruk pada angka dua persen pada tahun lalu.

"Kita optimistislah, ekonomi sudah membaik," kata dia.

Bila ekonomi Batam membaik, maka ekonomi Kepri secara keseluruhan juga akan membaik, karena Batam menjadi penopang Kepri.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pekerja galangan kapal yang sudah berkontribusi sehingga industri bangkit lagi, ini berkat kerja keras mereka juga," kata Gubernur.

Selain berharap dari perbaikan industri galangan kapal, Pemprov Kepri juga berharap pertumbuhan ekonomi didorong sektor pariwisata.

"Sekarang sedang digalakkan industri pariwisata, pemerintah kabupaten kota juga gencar melakukan berbagai upaya," kata dia.

Terpisah, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan saat ini tengah fokus mengembangkan pariwisata di pulau utama yang ditinggal karena konsentrasi pada bidang industri.

Pemkot Batam sedang berupaya mempercantik kota dengan pembangunan infrastruktur jalan dan taman kota.

"Kota ini dipercantik dulu, biar wisman senang," kata dia. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE