Kapal Anambas-Tanjungpinang bersenggolan dengan tangker

id Kapal,Senggolan,Anambas,Tanjungpinang,VOC Batavia,Pacific crown

Evakuasi penumpang NV VOC Batavia yang bersenggolan dengan tangker Pacific Crown. (Antaranews Kepri/istimewa

Korban panik sehingga menerjunkan dirinya ke laut
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Kapal cepat MV VOC Batavia yang melayani pelayaran Kepulauan Anambas-Tanjungpinang, bersenggolan dengan MT Pacific Crown di perairan Bintan, Kamis, hingga menyebabkan kerusakan pada lambung kiri kapal.

Kepala Basarnas Kelas A Kota Tanjungpinang, Budi Cahyadi, yang dihubungi Antara di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis, mengatakan seluruh penumpang selamat.

Ia menambahkan, satu dari 147 orang penumpang sempat terjun ke laut saat kapal bersenggolan, namun berhasil diselamatkan.

"Korban panik sehingga menerjunkan dirinya ke laut," katanya.

Akibat benturan, bagian atas hingga dalam kapal MV VOC Batavia retak dan pecah sepanjang 1,5 meter, reling bagian atas lambung kapal rusak berat, tiang anjungan patah, dan lambung kiri samping haluan kapal rusak parah.

Berdasarkan penyelidikan, MT Pacific Crown diduga berjenis kapal tangker super. Kapal MV VOC Batavia berlayar dengan kecepatan 23 knot, kemudian menurunkan kecepatan setelah berjarak 100 meter dari kapal tangker tersebut.

Saat ini kapal itu berada di perairan Bintan, dikawal petugas KPLP dengan menggunakan Kapal Rantos. Kapal itu akan berlabuh di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

"Sekarang sudah berada di depan Tanjunguban, Bintan," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar