Tokoh Tionghoa Tanjungpinang klarifikasi pernyataan soal ras

id Bobby,Jayanto,singgung,sara,pernyataan,klarifikasi,tionghoa

Tokoh Tionghoa Tanjungpinang klarifikasi pernyataan soal ras

Arsip-Bobby Jayanto bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat mendaftar sebagai peserta pemilu, di Kantor KPU Tanjungpinang. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Bobby Jayanto, salah seorang tokoh etnis Tionghoa mengklarifikasi pernyataannya yang menyinggung ras/etnis lainnya di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Bobby yang ditemui di Sekretariat Partai NasDem Tanjungpinang, Selasa, menegaskan dirinya sama sekali tidak ingin menyinggung suku maupun ras tertentu.

Ia mengaku pernyataan yang disampaikan dalam acara Sembahyang Keselamatan yang diselenggarakan etnis Tionghoa di Pelantar II Tanjungpinang tidak disengaja.

"Saya besar di Tanjungpinang. Jadi tidak mungkin saya mencari masalah dengan menyudutkan ras dan suku tertentu," ujar Bobby yang juga Ketua Partai NasDem Tanjungpinang.

Pernyataan Bobby dalam acara yang diselenggarakan etnis Tionghoa pada 8 Juni 2019 itu divideokan. Dalam video itu, Bobby diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato.

Di hadapan warga etnis Tionghoa itu, Bobby menggunakan bahasa mandarin.

Video itu pun menyebar luas. Bahkan ada video yang menuliskan arti pernyataan Bobby tersebut dalam bahasa Indonesia. Dalam video itu, Bobby mengatakan keuntungan warga etnis Tionghoa memilih caleg dari etnis Tionghoa karena mereka yang akan memperjuangkan kepentingan warga etnis Tionghoa.

Ia mengatakan tuduhan rasis kepada dirinya adalah kesalahpahaman.

"Saya dipanggil Gubernur Nurdin Basirun. Di Facebook saya sudah klarifikasi," ujarnya pula.

Akibat pernyataan tersebut, empat lembaga swadaya masyarakat, melaporkan Bobby Jayanto ke Polres Tangjungpinang, Selasa (11/6) siang, dengan nomor laporan: STTLP/82/VI/2019/KEPRI/SPKT-RES TPI.

LSM itu yakni LSM Gagak Hitam, Cindewangi, Juliat Kerabat Kerajaan Lingga, dan Garda Fisabilillah.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE