Presiden tinjau revitalisasi lahan kritis di Magelang

id Presiden jokowi, fadjroel rachman,gunung merapi

Presiden tinjau  revitalisasi lahan kritis di Magelang

Hasil tangkap layar foto Presiden meninjau upaya revitalisasi lahan kritis di sekitar Sabo Dam Kali Putih, Magelang, yang diunggah juru bicara Presiden Fadjroel Rachman dalam akun Instagram @fadjroelrachman, Jumat. (Instagram Fajdroel Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meninjau upaya revitalisasi lahan kritis di sekitar Sabo Dam Kali Putih, Magelang, dalam agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat.

Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui akun Instagram @fadjroelrachman, Jumat, menginformasikan Presiden tiba di lokasi peninjauan pukul 10.00 WIB, dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan.

Fadjroel menyampaikan Sabo Dam Kali Putih merupakan salah satu bendung yang dimanfaatkan untuk menampung aliran sedimen/aliran debris di sungai yang menjadi arah aliran erupsi Gunung Merapi.



Dia mengatakan bendung biasa digunakan untuk menahan air, sedangkan sabo dam menahan pasir dan batu, sementara airnya tetap bisa lewat.

Konstruksi sabo dibangun secara bertingkat dengan ukuran berbeda, di mana yang terbesar berada di atas untuk menahan batu-batu besar dan yang paling kecil untuk menahan pasir.

Dia menyampaikan revitalisasi dan perbaikan sabo dam untuk mengantisipasi erupsi Gunung Merapi yang biasanya terjadi tiap lima atau 10 tahun.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE