Mahasiswa KKN UNDIP temui warga sosialisasi AKB di Batam

id Mahasiswa KKN UNDIP temui warga sosialisasi AKB di Kota Batam

Mahasiswa KKN UNDIP temui warga sosialisasi  AKB di  Batam

Mahasiswi KKN UNDIP sedang membagikan brosur kepada masyarakat di wilayah Batam Kota. (Nurjali / HO)

Batam (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Dipenegoro (UNDIP) Semarang menyambangi warga di Kota Batam, untuk melakukan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat melakukan aktifitas diluar rumah ditengah pandemi COVID-19 yang masih cukup tinggi di wilayah tersebut.

"Perekonomian warga harus tetap dijaga namun ditengah kondisi saat ini, wajib untuk memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku saat sedang beraktifitas," kata Kanaya Medina Yandhria, Mahasiswa KKN UNDIP kepada Antara, Selasa.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tersebut melakukan sosialisasi dengan turun langsung ke lapangan menemui warga RW 006, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota, dengan memberitahukan mengenai panduan beraktivitas di era new normal serta membagikan masker secara gratis. 

“Masih banyak warga yang tidak tahu dan menganggap enteng masa kebiasaan baru ini,” ujarnya.

Mengingat sosialisasi tidak bisa dilakukan dengan mengumpulkan warga, maka sosialisasi dilakukan dengan mendatangi rumah warga dan mengobrol santai sembari membagikan selebaran dan masker. Selain itu informasi mengenai pedoman beraktivitas di masa kebiasaan baru juga diunggah ke media sosial instagram.

"Warga menganggap transisi ke era new normal berarti sudah bebas beraktivitas, padahal tidak seperti itu. Kesalahpahaman ini bisa membahayakan," sebutnya

Untuk itu menurutnya penting bagi warga, untuk paham bagaimana cara beraktivitas dengan aman di masa kebiasaan baru. Tentu saja, lebih baik lagi untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak.  

Mahasiswa KKN UNDIP juga mengajak warga untuk menanam sayur di halaman rumah untuk mengisi kegiatan selama pandemi. Selain menjadi aktivitas rutin yang menarik, menanam sayur juga dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga.
Mahasiswi KKN UNDIP sedang membagikan brosur kepada masyarakat di wilayah Batam Kota. (Nurjali / HO)
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar