Pemkab Natuna Segera Bangun Pabrik Tapioka

id Pemkab,Natuna,Bangun,Pabrik,Tapioka

Natuna (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pada Oktober 2014 akan membangun pabrik tapioka di Kecamatan Bunguran Tengah.

Kepala Dinas Perindag Natuna, Chaidir Char mengatakan, pembangunan pabrik tapioka ini merupakan program unggulan Bupati Natuna yang sudah lama direncanakan, namun baru tahun ini bisa direalisasikan.

"Bupati selaku pimpinan daerah berkeinginan ekonomi masyarakat Natuna selama beliau memimpin lebih maju, salah satunya dengan pembangunan pabrik tapioka ini," katanya.

Untuk pembangunan pabrik ini kata Chaidir, Pemerintah Daerah Natuna sudah menganggarkan senilai Rp15 miliar melalui APBD dengan sistem penganggaran tahun jamak di atas lahan seluas 10 hektare.

"Pabrik tapioka ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare di wilayah Kecamatan Bunguran Tengah, tepatnya di Desa Batubi," ujarnya.

Kemudian tambah Chaidir, proses rencana pembangunan pabrik tapioka ini sudah dilakukan tahap demi tahap, seperti menyosialisasikan ke masyarakat, hingga dampak ekonomi yang ditimbulkan nanti.

"Kita juga sudah menyosialisasikan kemasyarakat apa tujuan dan maksud dari pembangunan pabrik ini. Dari yang kita sampaikan, respons dari masyarakat Natuna sangat baik, malahan mereka berkeinginan untuk dibangun secepat mungkin," jelasnya lagi.

Dengan adanya pabrik ini kata Chaidir, ratusan ribu hektare lahan tidur milik masyarakat yang ada di Natuna bisa dimanfaatkan, yaitu dengan menanam singkong sebagai bahan baku tapioka.

"Selama ini banyak lahan produktif dari warga yang tidak dimanfaatkan, semoga dengan adanya pabrik ini, tidak ada lagi yang namanya lahan nganggur. Semoga apa yang kita bangun ini bisa menciptakan lapangan kerja serta dapat meningkatkan kemakmuran rakyat, khususnya Natuna," tukasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE