PPAL Ingin Turut Majukan Sektor Maritim Indonesia

id PPAL,batam,Sektor,Maritim,laut,Indonesia,purnawirawan,tni,al

Batam (Antara Kepri) - Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AL  Laksamana TNI (purn) Ahmad Sucipto mengatakan organisasinya ingin ikut memajukan Indonesia yang berbasis maritim.

"Meski kami sudah memasuki purna tugas. Namun dengan PPAL kami berharap bisa membantu pemerintah mengembangkan sektor kemaritiman. Yang sesuai dengan kondisi bangsa ini," kata dia usai meresmikan Kantor PPAL Rayon Batam, Kamis.

Kolonel Laut (Purn) Robert Wenas menjadi Pimpin Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Batam yang merupakan rayon ke 24 di seluruh Indonesia bertempat di Komplek Kintamani Batam Centre.

Kantor PPAL, kata dia, berfungsi sebagai rumah gagasan, semua pemikiran dan cita-cita menyangkut negara maritim diolah dan dikembangkan.

"Ruang hidup bangsa ini adalah maritim. Jangan dilupakan. Laut lebih luas dari daratan, apalagi pemerintahan yang baru mulai melihat potensi yang besar di maritim sehingga harus didukung," kata Ahmad yang pernah menjabat sebagai Kepala Staff Angkatan Laut periode 1999 hingga 2001.

Selain ini, kata dia, organisasi PPAL yang sudah berdiri sejak 1967 ingin meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan terutama agar mendapatkan pekerjaan dan memiliki tempat tinggal layak.

"Masalah paling berat adalah masalah pekerjaan, masalah perumahan bagi purnawirawan yang harus meninggalkan rumah dinas. Jadi itu juga salah satu tujuan peresmian kantor ke-24 ini," kata Ahmad.

PPAL juga berfungsi sebagai mitra bagi masyarakat dan siap bekerjasama dengan organisasi manapun demi kemajuan bangsa.

"PPAL hanya bagian kecil dari organisasi yang ada di Indonesia. Tapi diharapkan putarannya lebih besar, karena semua PPAL baik itu rayon tetap berkoordinasi dengan Angkatan Laut," kata dia.

Acara persemian kantor di Batam dihadiri oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut Batam Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno, sejumlah pengusaha perkapalan Batam dan jajaran pengurus PPAL pusat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE