Pantai Kencana Ranai akan Diterangi Listrik Tenaga Surya

id Pantai,Kencana,Ranai,natuna,terang,Listrik,Tenaga,Surya

Natuna (Antara kepri) - Pantai Kencana yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Ranai, Natuna akan dipasangi listrik yang menggunakan tenaga surya.

"Dalam waktu dekat ini akan kita pasang 20 buah listrik yang menggunakan tenaga surya di Pantai Kencana, Ranai," ungkap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Natuna, Ilham Kauli, Senin,

Sebagaimana diketahui kata Ilham, selama ini banyak tudingan yang di sampaikan oleh masyarakat kepada pemerintah daerah atas fungsi Pantai Kencana oleh para muda mudi pada malam hari.

"Pemasangan listrik bertenaga surya ini, selain untuk menghemat beban pemerintah, juga untuk mencegah perbuatan asusila para remaja atau muda-mudi di malam hari. Selama ini banyak tudingan dari masyarakat yang disampaikan kepada pemerintah daerah karena kurangnya penerangan dan disalahfungsikan remaja," katanya.

Dana yang di gunakan dalam pemasangan Listrik di Pantai Kencana itu kata Ilham, bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan minyak dan gas bumi yang beroperasi di wilayah Natuna.

"Dana untuk pemasangan listrik itu bersumber dari CSR perusahaan minyak dan gas bumi, kalau tidak salah sekitar Rp2 miliar. Pada tahun ini dana CSR tidak kita digunakan untuk rehap Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) lagi, akan tetapi untuk penerangan," jelasnya.

Sejauh ini kata Ilham, pihaknya sudah melakjukan survey dan kajian-kajian di lokasi Pantai Kencana Ranai tersebut. Begitu juga dengan perusahaan yang akan mengerjakan proyek yang berskala bersar itu juga sudah ada.

"Kita sudah melakukan kajian dan survey beberpa waktu lalu, intinya dalam waktu dekat ini, atau sekitar awal November ini sudah mulai dibangun. Kalau tidak salah perusahaan yang memenangkan proyek ini sudah ada," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE