Natuna Miliki Wisata Kapal Tenggelam

id Natuna,museum,srindit,ranai,Miliki,Wisata,Kapal,Tenggelam

Natuna (Antara kepri) - Kekayaan Natuna bukan hanya dari keramahan dan keindahan alamnya saja, akan tetapi juga memiliki Wisata Kapal Tenggelam yang bisa dijadikan sebagai objek wisata yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung.

"Wisata Kapal Tenggelam ini salah satu tempat wisata yang menarik di Natuna. Perlu diketahui, ini membuktikan kalau laut Natuna banyak dilalui oleh armada-armada negara lain dari berbagai penjuru dunia pada dahulu kala," ungkap Ketua Lembaga Pengembangan Pariwisata Natuna (Lappan) Sri Srindit Zaharudin, Rabu.

Usia dan asal kapal itu kata Zaharudin sudah berhasil diidentifikasi oleh para pegiat benda purbakala melalui Museum Sri Srindit yang berpusat di kota Ranai.

"Kapal-kapal tenggelam itu sudah berhasil diidentifikasi. Mulai dari abad keduabelas zaman Dinasti Song kedinastian Tiongkok, hingga yang termuda dari kapal-kapal perang peninggalan perang pasifik yang berlangsung sekitar tahun 1940-an," katanya.

Letak kapal itu kata Zaharuddin, rata-rata berada di bawah jarak 12 mil dari pantai Pulau Bunguran Besar. Dan diyakini masih banyak lagi peninggalan-peninggalan peristiwa laut lainnya yang tersimpan seperti di perairan Subi, Serasan, Pulau Laut, Midai dan lain sebagainya.

Terhadap kapal itu kata dia, akan sangat bermanfaat dan menarik sekali jika dijadikan sebagai salah satu objek wisata bawah laut. Karena rata-rata kondisi kapal-kapal yang ia temukan itu masih terbilang cukup utuh.

"Bagi para wisatawan mancanegara yang suka dengan wisata bawah laut ini, silahkan datang ke Natuna dan saksikan bagaimana kapal yang dibuat dan dipergunakan oleh mereka yang hidup ratusan tahun yang lalu," tantangnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE