Wartawan ANTARA Biro Kepri juara pertama lomba jurnalistik Kementerian Kominfo

id Lomba jurnalistik kominfo

Wartawan ANTARA Biro Kepri juara pertama lomba jurnalistik Kementerian Kominfo

Pewarta ANTARA Biro Kepri, Ogen. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.)

Tanjungpinang (ANTARA) - Wartawan LKBN ANTARA Biro Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ogen meraih juara pertama Lomba Karya Tulis Jurnalistik Nasional Tahun 2021 bertema Siaran Televisi Digital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Lewat karya tulis yang berjudul "Kepri Menyongsong Siaran Digital". Tulisan Ogen, mampu menyisihkan karya tulis para jurnalis dari berbagai media daerah hingga nasional.

"Alhamdulillah, ini perdana saya juara pertama lomba karya tulis jurnalistik nasional. Sebelumnya juga pernah juara, tapi cuma juara harapan," kata Ogen di Tanjungpinang, Kamis, (2/9).

Ogen sedikit bercerita tentang tulisannya yang menjelaskan bahwa Provinsi Kepri sangat beruntung karena terpilih sebagai salah satu daerah tahap pertama di Indonesia yang sudah siap bermigrasi dari siaran tv analog ke digital.

Dengan bersiaran tv digital, maka masyarakat dapat mengakses program tayangan televisi yang berkualitas, dengan gambar dan suara yang bersih, jernih dan canggih.

Warga yang masih menggunakan tv analog di rumah. Tinggal menambah alat set top box (STB), maka sudah dapat menikmati siaran tv digital. Alat STB sudah tersedia di pasaran seharga Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Jika warga di rumah sudah memakai smart tv. Tidak perlu pakai STB lagi, tinggal menambah antena saja.

Setelahnya, warga sudah dapat menikmati berbagai saluran tv, baik dalam hingga luar negeri yang selama ini tidak bisa dijangkau siarannya.

"Yang paling penting dan perlu diketahui masyarakat, siaran tv digital itu gratis. Ini tentu akan sangat membantu warga terluar seperti di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas, yang selama ini sulit mengakses layanan televisi gratis," ungkapnya.

Ogen turut mengapresiasi Kementerian Kominfo yang telah menyelenggarakan iven lomba karya jurnalistik tersebut. 

Dia berharap kegiatan serupa dapat terlaksana setiap tahunnya sebagai bentuk apresiasi Kominfo kepada awak media, yang selama ini telah ikut menyebarluaskan program-program pemerintah pusat kepada masyarakat.

"Lomba semacam ini sangat bagus guna mengembangkan kemampuan menulis seseorang, khususnya dalam dunia jurnalistik," demikian Ogen.

 
Pewarta :
Editor: Nurjali
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar